Lupa Sandi?

Ini nih 13 Daftar Julukan yang diberikan Dunia Untuk Indonesia

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Ini nih 13 Daftar Julukan yang diberikan Dunia Untuk Indonesia
Indonesia adalah tanah air kebanggan yang akan selalu terkenang. Meski kita pergi jauh identitas sebagai seorang Indonesia sebaiknya tidak akan hilang dari kalbu. Bangsa ini sangat masyhur di dunia, berbagai julukan pun disematkan pada Indonesia. Betapapun sederhananya dan mungkin masih banyak permasalahan di negeri sejuta etnis ini, Indonesia tetaplah kampung halaman yang akan terkenang dan menyenangkan. Berikut adalah 13 julukan dari sekian banyak julukan lain yang pernah diberikan dunia pada Indonesia beserta penjelasannya: Batur
  1. Nusantara: Ini adalah nama yang di pelopori oleh Kerajaan Majapahit terhadap wilayah kekuasaannya saat itu yang melingkupi Sumatra sampai Papua dalam literature Jawa. Selain itu, Thailand juga menyebut Indonesia dengan julukan Nusantara merunut pada sejarah kerajaan Majapahit dulu.
  2. Negara Agraris: Julukan ini didasarkan pada kenyataan bahwa lahan pertanian Indonesia yang luas mata pencaharian masyarakat kebanyakan adalah petani.
  3. Negara Maritim: Lagu nenek moyangku seorang pelaut tentu saja bukan sekedar nanyian belaka. Sebab Julukan Indonesia sebagai negara maritim sudah mengacu pada wilayah perairan Indonesia yang memang luas dan lebih luas dari daratannya.
  4. Negara Nyiur: Julukan ini disematkan karena Indonesia adalah salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia yang secara wajah akan banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa.
  5. Negara Seribu Candi: Julukan negeri seribu candi diberikan dunia kepada Indonesia berawal dari dipilihnya candi Borobudur yang pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.
  6. Negara Seribu Pulau: Julukan ini diberikan melihat Indonesia terdiri dari ribuan pulau sekaligus menegaskan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.
  7. Negara Megabiodiversitas: Julukan ini diberikan kepada Indonesia karena para peneliti dunia kagum akan keanekaragaman Flora dan Fauna yang ada termasuk spesies purba dan spesies langka di Indonesia dengan tiga wilayah persebaran sekaligus: barat, peralihan dan timur.
  8. Heaven on Earth: Julukan ini diberikan kepada Indonesia karena banyak negara dunia yang takjub dengan kekayaan alam Indonesia yang subur dengan hasil bumi yang melimpah dan hamparan alam yang memanjakan mata.
  9. Paru-Paru Dunia: Julukan paru-paru dunia diberikan pada Indonesia karena hutan di pulau Kalimantan dianggap sebagai hutan tropis yang harus dilindungi dan menjadi hutan terbesar kedua di dunia setelah Amazonia di Brazil yang berfungsi sebagai organ pernafasan bumi.
  10. The Biggest Muslim Population: Ini julukan yang diberikan orang umat Islam dunia kepada Indonesia karena jumlah populasi Muslim di negara ini adalah yang terbesar.
  11. Our Large Neighbour to North and Our Nearest Asian Neighbour: Ini adalah julukan yang pernah diberikan pemerintah Australia yang melihat Indonesia sebagai negara Asia tetangga terbesar dan terdekat secara letak geografis dengan Australia.
  12. Balinesia: Julukan Ini diberikan oleh para turis yang mengagumi penampakan alam saat berkunjung ke Bali. yang sebenarnya para turis itu tidak tahu jika Bali adalah bagian dari Indonesia.
  13. Macan Asia yang Tertidur: Julukan aslinya adalah Macan Asia. Tapi julukan ini berubah menjadi Macan Asia yang tertidur pada era modern. Ini julukan yang diberikan oleh negara-negara Asia terhadap Indonesia karena Indonesia diakui memiliki potensi menjadi sebuah negeri adidaya.
sejarahri.com

Label:
dunia
Pilih BanggaBangga58%
Pilih SedihSedih12%
Pilih SenangSenang12%
Pilih Tak PeduliTak Peduli1%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi5%
Pilih TerpukauTerpukau13%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata