Jaringan Pariwisata Pegunungan Baru akan Dibangun di Jawa Timur

Jaringan Pariwisata Pegunungan Baru akan Dibangun di Jawa Timur
info gambar utama

Jawa Timur terus memaksimalkan potensi pariwisatanya. Seiring dengan komitmen pemerintah pusat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia, berbagai elemen pemerintah dari berbagai tingkat mulai berbenah dan membangun lokasi-lokasi pariwisata. Sasarannya tidak hanya wisatawan domestik, namun juga wisawatan mancanegara.


Kabar terbaru menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan membangun wilayah jaringan pariwisata baru yang berada di Pegunungan Wilis untuk menjadi destinasi pariwisata unggulan. Kawasan yang akan dikenal dengan nama Lingkar Wilis ini berbentuk serupa cincin yang melingkari lokasi wisata-wisata lain yang berada di daerah-daerah di Jatim, seperti wisata di Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Kediri, dan Kabupaten Nganjuk.


"Dinamakan Lingkar Wilis atau Cincin Wilis karena melingkari sejumlah wisata di Jatim. Nantinya, wisata baru ini akan menjadi wisata andalan untuk turis dari mancanegara," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Jarianto, di Surabaya, seperti dikutip dari Metrotvnews.com (18/02/2016).


Pembangunan potensi pariwisata alam pegunungan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, terlebih Provinsi Jawa timur.


Pembangunan yang terus berjalan, menurut Jarianto tengah dalam proses pembangunan sarana dan prasarana. Infrastruktur pendukung yang sedang dibangun adalah akses jalan yang nantinya dapat menghubungkan enam daerah unggulan tersebut.


Selain jalan fasilitas pendukung lain seperti penginapan villa, tempat kuliner, dan tempat santai juga akan dibangun. "Yang kami jual adalah alam atau pemandangan indah. Tingkat kedinginannya pun melebihi daerah Gunung Bromo, sehingga diperkirakan akan menyaingi Bromo sebagai wisata andalan di Jatim," ucapnya.


Menurut penjabat bupati Trenggalek tersebut, proyek pembangunan Lingkar Wilis sudah dibicarakan dengan seluruh kepala daerah, bahkan telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara gubernur Jatim dan seluruh bupati setempat.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengaku sedang mempersiapkan proyek pembangunan Lingkar Wilis dan diharapkan mampu menjadi daya tarik wisatawan. "Saya sudah ngobrol dengan Pak Jarianto dan para kepala daerah terkait pembangunan Lingkar Wilis. Saya yakin Lingkar Wilis menjadi destinasi wisata luar biasa yang bakal dilirik wisatawan," kata dia.


Sumber : MetroTv News Jatim
Sumber Gambar : Wikimedia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini