Lupa Sandi?

Candi Sukuh, Sebuah Warisan Nenek Moyang di Lereng Gunung Lawu

yukpiknik.com
yukpiknik.com
0 Komentar
Candi Sukuh, Sebuah Warisan Nenek Moyang di Lereng Gunung Lawu


Gunung Lawu merupakan sebuah gunung yang terletak di perbatasan propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di propinsi Jawa Tengah, gunung ini berada di kabupaten Karanganyar sedangkan di bagian Jawa Timur gunung ini berada di kabupaten MagetanGunung Lawu adalah salah satu gunung yang menjadi tujuan favorite para pendaki.

Salah satu buktinya adalah keberadaan warung-warung di beberapa pos pendakian. Meski begitu, bukan cuma para pendaki saja yang bisa menikmati keindahan alam di Gunung Lawu karna gunung ini memiliki banyak sekali potensi wisata yang bisa dinikmati tanpa harus trekkingDi lereng Gunung Lawu sebelah barat. Tepatnya di kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar ada sebuah objek wisata sejarah dan budaya berupa sebuah candi yang berdiri kokoh.

Candi yang dimaksud adalah Candi Sukuh. Candi ini merupakan sebuah candi Hindu yang sudah berdiri sejak lama. Bangunan ini ditemukan tahun 1815 dan pemugarannya dilakukan tahun 1928. Lokasinya berada di ketinggian 1.186 mdpl sehingga memiliki hawa yang sangat sejuk

Baca Juga


Suasana di sekitar candi ini sangat asri. Kompleks taman yang mengelilingi bangunan candi terlihat sangat rapi dan terawat. Membuat para pengunjung menjadi betah untuk berlama-lama di sanaSatu hal yang menjadi daya tarik candi ini adalah bentuk beberapa arca serta reliefnya yang sangat vulgar. Beberapa orang yang pernah berkunjung dan menyaksikan beberapa bentuk relief di kompleks candi kemudian menyebut candi ini sebagai candi mesum.

Bangunan utama di kompleks candi Sukuh ini berupa candi berbentuk seperti piramida yang terpotong. Ada sebuah tangga yang tersedia untuk menuju ke atas candi. Tangga ini berbentuk seperti lorong yang pendekCandi Sukuh terletak sekitar 1 jam perjalanan dari kota Solo ke arah timur. Lokasinya berada satu kecamatan dengan beberapa tempat wisata lain di kaki dan lereng Gunung Lawu.

Antara lain Candi Cetho, Kebuh Teh Kemuning, serta Air Terjun Jumog. Candi Sukuh ini cukup sering dijadikan latar belakang untuk keperluan foto pre-wedding atau beberapa event budaya di Solo.

Yukpiknik.com

Pilih BanggaBangga60%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau40%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG YUKPIKNIK.COM

Kawan GNFI ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie