Batik Indonesia Untuk Ratu Kerajaan Inggris

Batik Indonesia Untuk Ratu Kerajaan Inggris
info gambar utama

Batik Indonesia bisa jadi akan menjadi alat diplomasi yang baik. Seperti yang terjadi belum lama ini di Inggris, Ratu Elizabeth II dari Inggris ternyata mendapatkan batik. Batik tersebut merupakan hadiah yang diberikan oleh Yayasan Batik Indonesia sebagai kado ulang tahun sang ratu. Tidak hanya batik, sebuah lukisan dengan gambar Ratu Elizabeth II mengenakan batik juga diberikan.

"Lukisan ini membayangkan Ratu Elizabeth II mengenakan pakaian Batik Indonesia yang memiliki kombinasi dari simbol sawunggalih, sebuah lencana kerajaan yang mewakili kemuliaan, dengan hamparan sawah sebagai latar belakang," kata Pendiri Yayasan Batik Indonesia Dipo Alam dikutip dari ANTARA Selasa (31/5).


Penyerahan lukisan dan kain batik tersebut diberikan langsung oleh Dipo kepada Sri Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham, Selasa waktu setempat menyusul rangkaian acara Indonesian Weekend! yang diselenggarakan di Potters Fields, London, 28 dan 29 Mei.

Kedua hadiah tersebut menjadi sesuatu yang menarik sebab ulang tahun sang ratu yang ke-90 juga jatuh pada tanggal 21 April yang bertepatan dengan Hari Kartini di Indonesia.

Batik yang diberikan merupakan batik tulis halus kombinasi dari batik tradisional motif "sawunggalih" yang merupakan simbol kemuliaan dan kejayaan ditambah hiasan ornamen Kerajaan Britania Raya. Pemberian batik tersebut diharapkan Ratu Elizabeth II dan masyarakat Inggris akan bisa lebih mengenal Batik Indonesia, terlebih akan mengenakan batik dengan bangga seperti apa yang dilakukan tokoh penentang aphartheid di Afrika Selatan, Nelson Mandela.

Baca juga: Otak-Atik Algoritma Matematika Hasilkan Desain Batik Skala Internasional

Batik memang merupakan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Motifnya sangat beragam dan hampir disetiap daerah di Indonesia memiliki budaya batik, tidak terkecuali Papua yang belum lama ini mengenalkan tentang Batik Papua bertema biota-biota laut.

Sumber : ANTARA
Sumber Gambar Sampul : dipoalam49 / twitter.com

Editor yf/gnfi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini