"Berbincang" dengan Batu di Wisata Watu Semaur

"Berbincang" dengan Batu di Wisata Watu Semaur

"Berbincang" dengan Batu di Wisata Watu Semaur

Jika orang-orang biasanya berinteraksi dengan sesama manusia, bagaimana jika "berbiara" dengan batu? Mungkinkah? Ya, di Ponorogo tepatnya di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun terdapat sebuah tempat wisata sederhana dimana pengunjungnya bisa berinteraksi dengan sebuah batu besar yang sudah ada sejak zaman dahulu. Batu tersebut terletak di tengah-tengah antara hutan dan sawah yang menawan.

Wisata tersebut bernama Watu Semaur. Diambil dari Bahasa Jawa, "watu" yang berarti "batu" dan "semaur" yang berarti "menjawab". Saat kita berbicara dengan batu tersebut, maka batu akan menjawabnya. Bagaimana bisa? Ya, fenomena ini bisa dijelaskan dengan sains atau kita biasa mengenalnya dengan istilah gema. Jadi, jika kita berteriak ke arah batu maka kemudian batu tersebut akan mengeluarkan bunyi pantul apa yang kita ucapkan tadi. Menarik bukan? Selain sebagai tempat berfoto ria yang bagus juga mempunyai keunikan yang jarang ditemui di tempat wisata lain.

Keindahan Watu Semaur dililhat dari kejauhan
Keindahan Watu Semaur dililhat dari kejauhan

Tak sampai di situ, ternyata Watu Semaur memiliki cerita mitos dibalik keindahan dan keunikannya. Menurut warga setempat, dahulu ada sepasang pengantin baru yang sedang menuju ke hutan, lalu si pengantin pria pergi sejenak untuk buang air kecil dan meminta si pengantin perempuan untuk menunggu sebentar. Lelah menunggu lama tak kunjung datang, pengantin perempuan memutuskan untuk pergi mencarinya. Hal sama dilakukan oleh pengantian pria yang mencari pengantin perempuan setelah buang air kecil. Sang pria terus menari dengan menyebut nama sang perempuan dan dijawab oleh sang istri, namun tak kunjung bertemu dengan wujudnya. Setelah lelah mencari, pengantin pria akhirnya berhenti dan memutuskan untuk berdiam di hutan. Akhirnya, si penganting pria berubah menjadi Watu Kodok (terletak di dekat Watu Semaur) dan si pengantin wanita berubah menjadi Watu Semaur itu sendiri.

Di luar kebenaran mitos tersebut benar atau tidak, yang jelas Watu Semaur merupakan fenomena alam yang jarang ditemui di daerah lain dan wajib untuk disyukuri serta dijaga keasliannya supaya tetap menjadi ikon warga Desa Selur, Kecamatan Ngrayun.


Sumber : Observasi Langsung Lapangan
Sumber Gambar Sampul : Foto Pribadi

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Wow ! Inilah Sensasi Alam Petilasan Pangeran Sambernyawa Sebelummnya

Wow ! Inilah Sensasi Alam Petilasan Pangeran Sambernyawa

Tahukah Kamu? Pohon Terbesar Dunia Ada di Indonesia! Selanjutnya

Tahukah Kamu? Pohon Terbesar Dunia Ada di Indonesia!

Adzkiya Brama N,
@adzkiyabrama

Adzkiya Brama N,

nafarofi.blogspot.com

Generasi Bakti Negeri - Find us at Facebook: Generasi Bakti Negeri | Twitter: @genbaktinegeri | Instagram: @genbaktinegeri | Website: generasibaktinegeri.wordpress.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.