Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Tiwul Instan, Wujud Nasi Tiwul Masa Kini

Widya LestariN
Widya LestariN
0 Komentar
Tiwul Instan, Wujud Nasi Tiwul Masa Kini
Tiwul Instan, Wujud Nasi Tiwul Masa Kini

Tiwul adalah makanan pengganti nasi putih yang terbuat dari singkong. Makanan ini diidentikkan dengan makanan orang susah karena sejarahnya. Zaman dulu, sebagian penduduk Indonesia -khususnya penduduk pulau jawa- menggunakan tiwul sebagai makanan pokok saat harga beras sedang mahal atau ketika sawah mengalami kekeringan. Nasi tiwul kemudian ditinggalkan oleh sebagian besar masyarakat karena keberadaan nasi putih yang tidak sulit lagi.

Beberapa tahun terakhir ini kuliner yang unik banyak diburu, tiwul pun juga tak mau ketinggalan. Rasanya yang khas mampu membuat orang penasaran dengan tiwul. Selain itu, tiwul dapat dikonsumsi dalam berbagai sajian. Bisa dihidangkan dengan parutan kelapa dan gula merah. Bisa juga dikonsumsi dengan lauk pauk. Hal ini kemudian dilihat sebagian orang sebagai peluang bisnis dan lahirlah tiwul instan. Produksi tiwul instan dapat ditemui di beberapa kota, seperti Malang, Blitar, Yogyakarta, dan Lampung.

Tiwul instan produksi UKM di Blitar
Tiwul instan produksi UKM di Blitar

Salah satu UKM di Blitar yang memproduksi tiwul instan berada di kecamatan Srengat. Tiwul instan ini memiliki dua pilihan rasa, yaitu tiwul manis dan tiwul tawar. Usaha yang telah berjalan selama 10 tahun ini berhasil merambah pasar di wilayah Jawa, Bali, Samarinda, Makassar dan Gorontalo.

tiwul rasa coklat dan tiwul topping keju. foto: eatymologist.com
tiwul rasa coklat dan tiwul topping keju. foto: eatymologist.com

Di Yogyakarta, tiwul instan dapat ditemukan di pusat oleh-oleh khas Gunung Kidul. di tempat tersebut pengunjung juga dapat menikmati langsung tiwul rasa coklat, nangka, dan tiwul dengan toping keju. Eksistensi tiwul di jogja juga berhasil masuk dunia industri. Tiwul instan diproduksi perusahaan berskala besar PT. Sinar Sukses Sentosa.

Baca Juga

Tiwul instan juga diproduksi di Lampung, tepatnya di Pabrik Wijaya Food yang berada di Kabupaten Kotabumi. Pemasaran tiwul instan dari pabrik ini tidak hanya di sekitar Lampung saja, bahkan meraih Balikpapan, Makasar, Manado, dan Hongkong.

Tiwul sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup sebagai bahan makanan pengganti beras. Makanan berbahan dasar ketela kering (gaplek) yang dihaluskan ini sekarang tak hanya dekat dengan orang jawa. Dengan kreatifitas yang terus berkembang, rasa unik tiwul dapat dinikmati siapa saja dengan mudah.




Sumber : tabloidnova.com teropongbisnis.com inilahblitar.co.id
Sumber Gambar Sampul : abankirenk.com

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG WIDYA LESTARIN

i am happy ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas