Mengenal Venerable Showers of Beauty, Grup Musik Gamelan di Amerika

Mengenal Venerable Showers of Beauty, Grup Musik Gamelan di Amerika
info gambar utama

Caption (Sumber Gambar) Namanya Venerable Showers of Beauty (VSB) Gamelan, yang dalam bahasa Jawa adalah Gamelan Kyai Guntur Sari. VSB Gamelan merupakan sebuah grup pemain alat musik Gamelan yang beranggotakan para mahasiswa, alumni Lewis & Clark College serta Warga Amerika yang tinggal di Portland, Oregon, Amerika Serikat dengan misi menjembatani dua budaya yang berbeda melalui residensi, workshop dan seni pertunjukan baik itu wayang dan pertunjukkan musik gamelan. Tidak tanggung – tanggung, gamelan yang mereka mainkan adalah gamelan yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Menakjubkan!

VBS Gamelan dibentuk atas inisiatif Vincent McDermott, seorang komposer sekaligus pakar musik etnik dan Loraine C.Fenwick, serta didukung oleh Presiden dari Lewis & Clark College, John Howard. Setelah melakukan riset di Pulau Jawa selama berbulan – bulan, McDermott dan Fenwick dibantu oleh Rahayu Supanggah akhirnya mendirikan grup ini sekembalinya mereka ke Amerika Serikat.

Tidak disangka – sangka, minat orang – orang Amerika terhadap instrumen gamelan sangat tinggi. Keanggotaan grup ini berkembang terus menerus hingga saat ini, dan mereka pun sering diundang dan tampil dalam berbagai perhelatan.

Saat ini, VSB Gamelan dipimpin oleh Mindy Johnston, yang tertarik memelajari Gamelan Jawa sejak 1993. Mindy, dalam pernyataanya yang disadur dari voa-indonesia menyatakan bahwa kecintaannya pada alat musik gamelan terjadi begitu saja. Ia akhirnya tinggal selama 4 tahun di Solo lewat program dharmasiswa di Institut Seni Indonesia Surakarta.

Caption (Sumber Gambar)

Lebih lanjut lagi, ia menambahkan bahwa gamelan adalah sebuah corong untuk menjembatani orang – orang yang ingin mengenal Indonesia secara lebih jauh, "Pokoknya gamelan selalu mendapat sambutan yang baik karena banyak yang penasaran. Jadi gamelan itu seperti pintu gerbang untuk tahu lebih banyak tentang Indonesia dan bagaimana alat musik ini digunakan,"

Berbagai aktivitas VBS Gamelan bisa dilihat lewat laman facebook Venerable Showers Beauty of Gamelan. Tidak hanya memelajari gamelan jawa, beberapa jenis seni pertunjukkan seperti wayang dan teater juga dipelajari oleh para anggotanya. Selain itu, penampilan mereka bisa dilihat melalui kanal youtube.



Sumber :https://www.voaindonesia.com/https://www.vsbgamelan.org/
Sumber Gambar Sampul : https://www.vsbgamelan.org/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini