Manfaatkan Halte TransJakarta, Mahasiswa UI Raih Penghargaan di Perancis

Manfaatkan Halte TransJakarta, Mahasiswa UI Raih Penghargaan di Perancis
info gambar utama

Dua mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Indonesia meraih penghargaan internasional dalam kompetisi Go Green City Schneider Electric 2016 di Paris, Perancis. Dengan menciptakan alat bernama ‘Droplock Turnstile Gate,’ Nabila Astari dan Stephanie Rawi, demikian nama kedua mahasiswi tersebut berhasil menempati posisi kedua, mengungguli tim dari Brazil yang menempati juara ketiga sementara juara pertama ditempati oleh tim dari Jerman.

Prestasi ini tentunya menjadi sebuah hal yang membanggakan. Sebelum berangkat pada kompetisi tingkat dunia, Nabila dan Stephanie berhasil unggul pada kompetisi tingkat Asia dengan mengalahkan 9 tim dari Korea, Jepang, Thailand, Taiwan, Filipina, Vietnam, Singapura, Malaysia dan Myanmar.

Caption (Sumber Gambar)

Alat yang mereka ciptakan berawal dari aktivitas para penumpang TransJakarta ketika melakukan tap kartu akses masuk halte. Setelah melewati pintu tiga kaki, terdapat gerakan berputar yang menghasilkan energi. Energy yang terbuang dari proses tersebutlah yang akhirnya dimanfaatkan oleh mereka untuk dikonversi menjadi energi listrik.

“Alat tersebut mampu mengonversikan energi yang terbuang dari putaran pintu tiga kaki di Halte TransJakarta menjadi energi listrik yang sanggup memenuhi kebutuhan listrik di Halte” kata Stephanie Rawi. Nabila juga menambahkan bahwa jika alat tersebut diimplementasikan maka akan mampu menghasilkan listrik hingga 15kwh/hari. Dengan demikian, kebutuhan energi listrik yang ada di halte bisa tercukupi.

Prestasi ini turut membawa harum nama bangsa Indonesia berkat orisinalitas ide dan memiliki unsur ramah lingkungan, yang terlihat dari pemanfaatan energi yang terbuang percuma oleh alat ini. Nabila dan timnya saat ini telah mengajukan kerjasama, dan pihak TransJakarta sangan menyambut baik upaya tersebut. Ia berharap, pengembangan dari produk ini bisa dilanjutkan sehingga kelak bisa dimanfaatkan ke seluruh Indonesia atau bahkan ke seluruh dunia.



Sumber : antaranews.com
Sumber Gambar Sampul :gogreeninthecity.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini