Brand Fashion Lokal Usung Kreativitas Desain Pakaian Dalam

Brand Fashion Lokal Usung Kreativitas Desain Pakaian Dalam
info gambar utama

Berbekal kemauan yang kuat, berbagai hal dapat dijadikan ide untuk memulai usaha. Hal ini yang mendasari duo muda dari Jakarta untuk memproduksi brand lokal fashion khusus pakaian dalam yang kreatif dan inovatif dari Indonesia, CLAD.CO.

Bermula dari ide setelah lulus kuliah untuk memiliki bisnis sendiri yang tidak mainstream. Raissa Grimonia yang berlatar belakang Komunikasi dari UNPAD, sedangkan Amanda Poernomo yang berlatar belakang DKV dari ITB dan sedang menempuh S2 di Komunikasi UI, memang gemar menggambar. Mereka akhirnya memutuskan untuk membuat line fashion yang berbeda dari brand-brand pada umumnya, yaitu celana dalam yang menekankan pada sisi kenyamanan dan keunikan ilustrasi.

Beberapa Desain dari CLAD.CO
info gambar

Ilustrasi tersebut menghadirkan motif gusi, bola mata, bibir dengan warna-warna pastel seperti blush pink, sky blue, dan tan. Dilukis dengna tangan menggunakan metode cat air lalu dicetak dengan tinta yang aman untuk kulit sensitif. Semuanya didesain dan diproduksi di Indonesia.

CLAD.CO mencoba menembus pasar yang lebih muda, menarik, dan nyaman dipakai sehari-hari. “Kami mendapati bahwa industri pakaian dalam di Indonesia masih dianggap sebagai sesuatu yang tabu dan terlalu dewasa, padahal pakaian dalam yang nyaman dan sehat merupakan kebutuhan setiap orang sehari-hari dan bagian dari fashion.” ungkap Raissa, salah satu founder dari CLAD.CO.

Proses pembuatan dan pemilihan model terbaik memakan waktu yang lama. Mulai dari membuat pola, sampai mencari penjahit khusus pakaian dalam dengan mesin khusus yang sulit didapatnya. Proses riset dan pengembangannya sampai memakan waktu 1 tahun hingga CLAD.CO berhasil dilaunching pada 8 Agustus 2016 lalu.

Proses Desain dan Produksi semuanya di Indonesia
info gambar

Ketika ditanya apa tantangan yang paling berat untuk mengembangkan brand lokal CLAD.CO, Raissa menjawab, “Katanya ide kita aneh-aneh aja, kenapa ga bikin clothing line biasa yang jual pakaian sehari-hari? Celana dalam kan dipakenya di dalem, siapa yang mau liat? Buat apa bagus-bagus? Harus hati-hati karena takut ada yang salah paham lalu brand kami ditutup. Tapiii… semua hal itu justru bikin kita semakin tertantang buat buktiin ke orang-orang kalo what we are doing right now is our passion.”

Bisnis pakaian dalam sehari-hari masih memiliki peluang besar untuk brand independen. Selain ide yang unik dan kreatif dari Indonesia, bisnis industri kreatif ini berpotensi untuk mengangkat produksi lokal di antara pesaing-pesaing besar dari luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Raissa Grimonia

raissa@clad.co

Insragram: @clad.co

www.clad.co




Sumber : CLAD.CO
Sumber Gambar Sampul : Raissa Grimonia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini