Lupa Sandi?

Aplikasi Pengingat Sholat Karya Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok

PPI Dunia
PPI Dunia
0 Komentar
Aplikasi Pengingat Sholat Karya Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok

Tuntutlah ilmu walau ke negeri China dan tegakkanlah sholat walau di pelosok negeri Tionghoa.

Mungkin ungkapan ini cocok untuk mahasiswa Indonesia yang beragama Islam yang saat ini tengah menuntut ilmu di negeri yang terkenal akan tembok besarnya. Di tengah kesibukan belajar, di sela-sela tugas kuliah yang menumpuk, mahasiswa Indonesia tetap berkarya dengan menuangkan ide-ide mereka melalui kegiatan-kegiatan sosial seperti sholat berjamaah bersama masyarakat muslim disekitar mereka. Hal inilah yang menggerakan hati dan pikiran Bagus Ari Haryo dan teman-teman sesama mahasiswa Indonesia di Kota Wuxi, Provinsi Jiangsu, Tiongkok, untuk membuat satu aplikasi yang bisa memudahkan mereka dalam menjalankan sholat di tengah sibuknya waktu kuliah mereka.

Aplikasi yang diberi nama “Yuk Sholat” ini merupakan buah karya dari teman-teman mahasiswa PPIT Wuxi, yang langsung diprakarsai oleh Tim Departemen Media, Publikasi, dan Teknologi. Alasan utama dibuatnya aplikasi ini adalah karena jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di kota Wuxi semakin meningkat setiap tahunnya, bersamaan dengan meningkatnya jumlah penduduk kota Wuxi yang memeluk agama Islam. Alasan lainnya tentu aplikasi ini bisa menjadi pengingat waktu sholat agar masyarakat muslim di kota Wuxi selalu tepat waktu.

Tampilan aplikasi (Gambar: PPI Dunia)
Tampilan aplikasi (Gambar: PPI Dunia)

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan jadwal sholat yang lengkap sehingga bisa dicheck sewaktu-waktu. Sedikitnya jumlah muslim di Tiongkok, khususnya di kota Wuxi, menjadikan suara adzan masih sangat jarang dikumandangkan. Melalui aplikasi ini, mereka bisa mendengar suara adzan ketika waktu sholat telah tiba. Alasan lainnya adalah untuk memperkuat dan mempertebal keimanan masyarakat muslim khususnya bagi mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Tiongkok ini.

Baca Juga
Tampilan aplikasi (Gambar: PPI Dunia)
Tampilan aplikasi (Gambar: PPI Dunia)

Aplikasi yang diciptakan oleh PPIT Wuxi ini masih terbilang sangat sederhana, namun tim pengembang aplikasi ini terus melakukan perbaikan dan pengembangan yang lebih baik agar nantinya aplikasi ini bisa menjadi referensi masyarakat muslim yang tinggal di Negara non-Muslim seperti halnya situs Islamicfinder yang banyak digunakan ekspatriat muslim Indonesia di seluruh dunia. Untuk tautan mendapat aplikasi ini, para pengguna android bisa mendapatkannya dengan mudah baik di smartphone dengan Android Intel x86 maupun Android armv7. Aplikasi ini sudah bisa diunduh secara langsung melalui Playstore. Selain merilis aplikasi ini, tim PPIT Wuxi juga berharap ada review dan tanggapan berupa kritik atau saran agar aplikasi ini bisa dikembangkan lagi. 

Selain aplikasi ini, PPIT Wuxi juga berharap bisa mengembangkan aplikasi seperti ini atau aplikasi-aplikasi lainnya bersama rekan-rekan Perhimpunan Pelajar Indonesia di seluruh dunia. 


Sumber : Rahmat Ramadhan / PPI Dunia
Sumber Gambar Sampul : Islam21.com

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau50%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG PPI DUNIA

Kontribusi untuk Indonesia dan Dunia ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie