Nusantara Cup: Pesta Olahraga Pelajar Indonesia Terbesar se-Britania Raya

Nusantara Cup: Pesta Olahraga Pelajar Indonesia Terbesar se-Britania Raya
info gambar utama

Ajang olahraga terbesar bagi mahasiswa Indonesia di Britania Raya, Nusantara Cup 2016, sukses diselenggarakan di Newcastle-upon-Tyne, Inggris pada tanggal 23 Oktober 2016. Acara ini merupakan kerjasama dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) UK dan PPI Newcastle. Nusantara Cup dikenal sebelumnya sebagai Atdikbud (Atase Pendidikan dan Kebudayaan) Cup.

Ramainya peserta, suporter, dan pengunjung di Nusantara Cup 2016. Sumber: Refaldo Fanther
info gambar

Acara ini digelar di Gateshead International Stadium yang merupakan gelanggang olahraga terbaik di wilayah Utara Inggris dan kandang klub sepakbola Gateshead FC.

Cabang olahraga yang dikompetisikan adalah futsal, basket, dan badminton dan diikuti oleh PPI Cabang seluruh Britania Raya. Kontingen PPI Cabang yang terdaftar antara lain Coventry, Aberdeen, Leeds, London, Glasgow, Edinburgh, Manchester, Durham, dan Newcastle dengan hampir 500 peserta, suporter, dan penonton.

Pertandingan Basket di Nusantara Cup. sumber: Deva Hadi - PPI Newcastle
info gambar

Newcastle menjadi juara umum dalam kompetisi tersebut dengan meraih juara 1 dan 3 badminton ganda putra, juara 2 badminton ganda putri, juara 2 ganda campuran, juara 2 futsal, dan juara 3 basket.

Selain kompetisi olah raga, Nusantara Cup juga mengadakan bazar masakan dan bahan makanan khas Indonesia, yang diserbu ratusan pengunjung dari berbagai daerah. Menu yang ditawarkan mulai dari nasi padang, gudeg, gudeg, somay, sampai aneka kue tradisional. Tak lupa ada pula tenda-tenda yang menjual bahan makanan khas Indonesia, seperti mi instan, sambal terasi, ikan asin, sampai kerupuk untuk dibawa pulang oleh pengunjung.

Pengunjung Menyerbu Makanan Indonesia. Sumber: Refaldo Fanther
info gambar

Tim Kedutaan Besar Republik Indonesia dari London turut hadir dengan membuka layanan kekonsuleran. Pengunjung dapat melakukan lapor diri online dan offline hingga proses perpanjangan paspor.

Acara Nusantara Cup ini diselenggarakan tiap tahun dengan tuan rumah yang berbeda dengan sambutan positif dari masyarakat Indonesia di Britania Raya. Pada tahun sebelumnya dilaksanakan di Coventry berkat kerjasama PPI Coventry, PPI Warwick, dan PPI Birmingham.

Sumber Gambar Sampul : Deva Hadi - PPI Newcastle

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini