Lupa Sandi?

Bukti Cinta Pada Kuliner Indonesia, Pria Ini Terbitkan Buku Resep Masakan Indo-Belanda

Thomas Benmetan
Thomas Benmetan
0 Komentar
Bukti Cinta Pada Kuliner Indonesia, Pria Ini Terbitkan Buku Resep Masakan Indo-Belanda

Jeff Keasberry adalah seorang pria yang lahir dari ibu keturunan Indonesia dan ayah berdarah Belanda. Dibesarkan dengan dua budaya berbeda, Jeff tumbuh sebagai seorang yang cukup beruntung karena dikenalkan dengan beragam hal yang menarik. Makanan, salah satunya. Nenek Jeff adalah sosok yang memperkenalkannya dengan masakan – masakan Indonesia di awal tahun 1950-an, dengan membuka restoran bernama Djokja di Amsterdam yang menyediakan masakan khas Indonesia. Jeff yang bekerja di restoran neneknya akhirnya semakin jatuh cinta dengan kuliner Indonesia.

Jeff Keasberry (sumber : keasberry.com)
Jeff Keasberry (sumber : keasberry.com)


Hal inilah yang akhirnya menginspirasi Jeff untuk mendalami kuliner Indonesia – Belanda secara hingga akhirnya ia membuat buku yang berisi tentang resep – resep masakan Indonesia – Belanda. Menurutnya, resep – resep masakan yang ada bukan hanya sekedar makanan belaka, namun juga merupakan bentuk dari keramahan dan keakraban budaya Indonesia yang dituangkan melalui sajian. “Ini adalah hal yang saya pelajari dari sisi saya sebagai seorang yang berdarah Indonesia. Ketika ada tamu, hal pertama yang kita lakukan adalah bertanya apakah sudah makan atau belum,” ujar Jeff seperti dilansir voaindonesia.com.

Keunikan inilah yang terus menginspirasi Jeff untuk terjun dan mendalami kuliner Indonesia. ia menyadari bahwa Indonesia memiliki begitu banyak ragam kuliner yang tersebar di nusantara. Buku – bukunya mengenai resep masakan Indo – Belanda dipublikasikan sejak tahun 2012 di Belanda. Saat ini, Jeff yang tinggal di California memublikasikan bukunya yang ketiga berjudul “Indo-Dutch Kitchen Series.” Buku yang ia tulis merupakan hasil rangkuman dari resep – resep lama keluarga mengenai makanan – makanan khas Indonesia yang dikenalnya sejak kecil. selain itu, Jeff juga kerap mempromosikan kuliner indonesia melalui website pribadinya bertajuk keasberry.com. Ia kerap membagi resep masakan lewat website tersebut.  

Buku ketiga Jeff yang baru saja ia terbitkan di Amerika (sumber : keasberry.com)
Buku ketiga Jeff yang baru saja ia terbitkan di Amerika (sumber : keasberry.com)

Buku ini memperkenalkan bagaimana percampuran budaya antara Indonesia dan Belanda  tertuang dalam bentuk makanan, seperti klappetaart, spekkoek, risoles, kroket dan sebagainya. Ada pula resep – resep masakan Indonesia yang menjadi favorit orang Belanda seperti gado – gado, nasi goreng, lumpia, sate dan makanan ringan lainnya.  Pula, resep – resep rahasia dari sang nenek, ibu dan resep – resep rahasia keluarga lainnya yang bisa menjadi panduan bagi para penikmat kuliner.

Baca Juga

Lewat bukunya, Jeff ingin agar masyarakat Amerika bisa mengenal ragam khazanah masakan Indonesia. Semuanya tertuang dalam buku yang ditulis oleh Jeff dengan gaya yang sederhana disertai panduan – panduan yang memudahkan siapapun untuk mencoba resep tersebut. Dengan perpaduan ini Jeff ingin mengajak para diaspora Indonesia di Amerika untuk bangga dalam memperkenalkan kuliner Indonesia yang tidak hanya nikmat namun juga memiliki makna filosofis didalamnya.

  




Sumber :
Sumber Gambar Sampul :saboraagourmet.com 

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang25%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi17%
Pilih TerpukauTerpukau8%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG THOMAS BENMETAN

A Fulltime life-learner who lost himself into book, poem, Adventure, travelling, hiking, and social working. Graduated from Faculty of Communication Science, Petra Christian University. Currently pur ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas