Bukti Cinta Pada Kuliner Indonesia, Pria Ini Terbitkan Buku Resep Masakan Indo-Belanda

Bukti Cinta Pada Kuliner Indonesia, Pria Ini Terbitkan Buku Resep Masakan Indo-Belanda

Bukti Cinta Pada Kuliner Indonesia, Pria Ini Terbitkan Buku Resep Masakan Indo-Belanda

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Jeff Keasberry adalah seorang pria yang lahir dari ibu keturunan Indonesia dan ayah berdarah Belanda. Dibesarkan dengan dua budaya berbeda, Jeff tumbuh sebagai seorang yang cukup beruntung karena dikenalkan dengan beragam hal yang menarik. Makanan, salah satunya. Nenek Jeff adalah sosok yang memperkenalkannya dengan masakan – masakan Indonesia di awal tahun 1950-an, dengan membuka restoran bernama Djokja di Amsterdam yang menyediakan masakan khas Indonesia. Jeff yang bekerja di restoran neneknya akhirnya semakin jatuh cinta dengan kuliner Indonesia.

Jeff Keasberry (sumber : keasberry.com)
Jeff Keasberry (sumber : keasberry.com)


Hal inilah yang akhirnya menginspirasi Jeff untuk mendalami kuliner Indonesia – Belanda secara hingga akhirnya ia membuat buku yang berisi tentang resep – resep masakan Indonesia – Belanda. Menurutnya, resep – resep masakan yang ada bukan hanya sekedar makanan belaka, namun juga merupakan bentuk dari keramahan dan keakraban budaya Indonesia yang dituangkan melalui sajian. “Ini adalah hal yang saya pelajari dari sisi saya sebagai seorang yang berdarah Indonesia. Ketika ada tamu, hal pertama yang kita lakukan adalah bertanya apakah sudah makan atau belum,” ujar Jeff seperti dilansir voaindonesia.com.

Keunikan inilah yang terus menginspirasi Jeff untuk terjun dan mendalami kuliner Indonesia. ia menyadari bahwa Indonesia memiliki begitu banyak ragam kuliner yang tersebar di nusantara. Buku – bukunya mengenai resep masakan Indo – Belanda dipublikasikan sejak tahun 2012 di Belanda. Saat ini, Jeff yang tinggal di California memublikasikan bukunya yang ketiga berjudul “Indo-Dutch Kitchen Series.” Buku yang ia tulis merupakan hasil rangkuman dari resep – resep lama keluarga mengenai makanan – makanan khas Indonesia yang dikenalnya sejak kecil. selain itu, Jeff juga kerap mempromosikan kuliner indonesia melalui website pribadinya bertajuk keasberry.com. Ia kerap membagi resep masakan lewat website tersebut.

Buku ketiga Jeff yang baru saja ia terbitkan di Amerika (sumber : keasberry.com)
Buku ketiga Jeff yang baru saja ia terbitkan di Amerika (sumber : keasberry.com)

Buku ini memperkenalkan bagaimana percampuran budaya antara Indonesia dan Belanda tertuang dalam bentuk makanan, seperti klappetaart, spekkoek, risoles, kroket dan sebagainya. Ada pula resep – resep masakan Indonesia yang menjadi favorit orang Belanda seperti gado – gado, nasi goreng, lumpia, sate dan makanan ringan lainnya. Pula, resep – resep rahasia dari sang nenek, ibu dan resep – resep rahasia keluarga lainnya yang bisa menjadi panduan bagi para penikmat kuliner.

Lewat bukunya, Jeff ingin agar masyarakat Amerika bisa mengenal ragam khazanah masakan Indonesia. Semuanya tertuang dalam buku yang ditulis oleh Jeff dengan gaya yang sederhana disertai panduan – panduan yang memudahkan siapapun untuk mencoba resep tersebut. Dengan perpaduan ini Jeff ingin mengajak para diaspora Indonesia di Amerika untuk bangga dalam memperkenalkan kuliner Indonesia yang tidak hanya nikmat namun juga memiliki makna filosofis didalamnya.




Sumber :
Sumber Gambar Sampul :saboraagourmet.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang25%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi17%
Pilih TerpukauTerpukau8%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Prestasi Indonesia di International Business Awards 2016 Sebelummnya

Prestasi Indonesia di International Business Awards 2016

Ethiopia: Kisah Negeri yang Dulu Kelaparan, dan Kini Begitu Berkembang Selanjutnya

Ethiopia: Kisah Negeri yang Dulu Kelaparan, dan Kini Begitu Berkembang

Thomas Benmetan
@thomasbenmetan

Thomas Benmetan

http://benmetan.blogspot.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.