Selama ini, kita mungkin berpikir bahwa laut mati hanya ada satu di dunia, yaitu di Yordania. Namun siapa sangka, di negeri kita Indonesia tercinta ini juga memiliki laut mati dimana kita bisa mengapung tanpa takut tenggelam layaknya laut mati yang ada timur tengah tersebut. Di ujung Nias, Provinsi Sumatera Utara ada Pantai Tureloto yang hampir sama dengan Laut Mati, dengan pemandangan yang tidak kalah menakjubkan.

Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang terkenal dengan ombak besarnya, Pantai Tureloto ternyata tidak berombak sama sekali. Airnya sangat tenang, dikarenakan terdapat gugusan karang yang berada di beberapa ratus meter dari bibir pantai. Gugusan karang tersebut seolah menjadi penghalang dan pemecah ombak yang datang. Dulunya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang memanjang, namun dikarenakan gempa pada tahun 2005, hamparan pasir itu tergantikan dengan bebatuan karang yang tersebar di kawasan pantai. Namun, hal itu tidak membuat kecantikan pantai ini berkurang.

Air laut yang tenang dengan pemandangan yang meneduhkan (sumber : gosumatra.com)
Air laut yang tenang dengan pemandangan yang meneduhkan (sumber : gosumatra.com)

Keindahan pantai ini bertambah dengan pesonanya yang menakjubkan. Kadar garam di Pantai Tureloto yang cukup tinggi membuat anda bisa merasakan sensasi mengapung tanpa takut tenggelam. Sama seperti di laut mati, bukan? Hal ini menjadi keunikan tersendiri yang bisa dinikmati dari Pantai Tureloto dari pantai – pantai yang lainnya. Permukaan air laut yang biru dengan, pemandangan yang menakjubkan, suasana pantai yang tenang akan membuat sensasi mengapung di Pantai Tureloto menjadi semakin menggairahkan.

Bebatuan karan di Pantai Tureloto (sumber : lihat.co.id)
Bebatuan karan di Pantai Tureloto (sumber : lihat.co.id)

Walaupun kadar garam yang cukup tinggi ini bisa membuat mengapung di permukaan air, anda juga  menikmati sensasi snorkeling yang tidak kalah indahnya. Pemandangan bawah laut dari Tureloto juga menawarkan keindahan yang tidak kalah menakjubkan. beragam biota laut yang ada menambah kenikmatan sendiri bagi penikmat wisata bawah laut. Menikmati snorkeling di Tureloto akan terasa seperti berada di kolam yang luas, sebab di batu – batu karang di tengah laut seakan menjadi pembatas, ditambah airnya yang tenang akan semakin mendukung anda menikmati alam bawah laut Tureloto.

Snorkeling di Tureloto dengan biota laut yang sangat beragam (sumber : lihat.co.id)
Snorkeling di Tureloto dengan biota laut yang sangat beragam (sumber : lihat.co.id)

Disamping keindahannya yang menakjubkan, Pantai Tureloto ternyata belum banyak dikenal orang. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi siapapun yang ingin berkunjung ke sana, sebab pantai ini masih belum terlalu ramai. Secara administratif, Pantai Tureloto berada di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara. Akses menuju ke pantai ini cukup mudah, disertai fasilita spendukungyang cukup memadai baik itu toilet, rumah makan atau bahkan penginapan.  



Sumber : berbagai sumber 
Sumber Gambar Sampul : mediamuda.com 

Ada 4 komentar

Ayo ikutan juga