Lupa Sandi?

Wah, Dua Rafflesia gadutensis Mekar di Bengkulu Utara!

Athaya P. Belia
Athaya P. Belia
0 Komentar
Wah, Dua Rafflesia gadutensis Mekar di Bengkulu Utara!

Dua kuntum bunga Rafflesia gadutensis mekar di dua lokasi berbeda, yakni Kabupaten Bengkulu Utara, sekitar 70 Kilometer dari Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Dua bunga Rafflesia ini tumbuh tepatnya di Desa Kuro Tidur dan satu bunga lagi mekar di kawasan hutan lindung Boven Lais.

Koordinator Komunitas Peduli Pusla Langka Bengkulu Utara, Septian Riki memaparkan bahwa Rafflesia gadutensis dengan diameter 58 centimeter ini ditemukan mekar menggantung di akar inang tumbuhan jenis Liana sp pada hari Senin (31/10).  Posisi ini jarang terjadi karena Rafflesia ini termasuk bunga parasit ini menempel dan biasanya ditemukan mekar dari akar yang muncul dari dalam tanah. Namun, Rafflesia ini menempel di akar yang menggantung. Lokasi bunga mekar di Desa Kuro Tidur dapat dijangkau selama 45 menit menggunakan kendaraan roda dua dari Kota Argamakmur.

Satu bunga lainnya yang mekar di Hutan Lindung Boven Lais dapat diakses 10 menit dari Kota Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara. Bunga yang tumbuh di Boven Lais memiliki diameter 56 centimeter dan menurut Septian, diprakirakan mekar tiga hari ke depan.

Para pengunjung yang ingin melihat keunikan bunga ini bisa mengunjungi hutan lindung Boven Lais yang juga kawasan wisata air terjun Palak Siring, Kemumu.

Baca Juga

Selain Rafflesia gadutensis, tiga jenis rafflesia yang teridentifikasi di hutan Bengkulu yakni Rafflesia arnoldi, Rafflesia hasselti, dan Rafflesia bengkuluensis.


Sumber : AntaraNews

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih50%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau50%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ATHAYA P. BELIA

Menulis untuk mengingat dan diingat. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas