Xplorindonesia, Platform Digital untuk Perkuat Pariwisata Indonesia

Xplorindonesia, Platform Digital untuk Perkuat Pariwisata Indonesia
info gambar utama

Kementerian BUMN bersama beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang pariwisata akhirnya melansir portal digital pariwisata bernama Xplorindonesia. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pariwisata nasional. Beberapa BUMN pariwisata yang terlibat dalam proyek ini adalah Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Patra Jasa dan PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWC), Prambanan, dan Ratu Boko.

Xplorindonesia merupakan platform digital berbasis aplikasi smartphone yang akan menjadi penghubung antara wisatawan dengan produk – produk layanan yang dimiliki BUMN Pariwisata serta pelaku industri pariwisata di Indonesia. Dengan hal ini, interaksi antara wisatawan dan para pelaku wisata menjadi semakin mudah dan cepat, sehingga optimalisasi pelayanan pariwisawa semakin meningkat.

Menteri BUMN, Rini Soemarno dalam pernyataannya yang dilansir indotelko.com menyatakan bahwa industri digital memiliki terobosan – terobosan signifikan dalam mengembangkan industri lain, baik itu dalam melakukan engagement dengan masyarakat yang simpel dan responsif hingga transaksi keuangan menjadi lebih mudah.

Dengan adanya Xplorindonesia, kekuatan integrasi dan sinergi dari BUMN pariwisata dan Kementerian Pariwisata menjadi semakin terlihat. Platform ini menjadi bentuk dukungan BUM terhadap kampanye Kementerian Pariwisata untuk memperkuat keterlibatan publik dalam promosi industri pariwisata Indonesia.

Saat ini, aplikasi tersebut masih dalam tahap finalisasi tahap akhir. Rencananya, inovasi ini secara resmi akan diluncurkan pada Januari 2017 mendatang, dengan target dapat meraup 3,5 juta anggota komunitas dan wisatawan. Apabila hal itu tercapai, maka target – target Indonesia ke depan dalam pengembangan pariwisata akan semakin mudah diraih.

Industri pariwisata Indonesia saat ini tercatat sebagai salah satu penyumbang devisa yang cukup tinggi. target Indonesia ke depan adalah menghadirkan 20 juta wisatawan pada 2019, kontribusi 8% bagi PRoduk Domestik Bruto Nasional, serta menyumbang devisa negara sebesar Rp.240 triliun melalui lapangan kerja di bidang pariwisata sebanyak 13 juta orang. Explorindonesia diharapkan bisa menjadi media untuk memperluas dan mengangkat promosi pariwisata melalui keterlibatan pelaku pariwisata secara digital. Dengan hal tersebut, jangkauan untuk para pelaku wisata menjadi semakin mudah.


Sumber :indotelko.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini