Data Center Indonesia di Singapura Diresmikan

Data Center Indonesia di Singapura Diresmikan

Data center (centralcolo.com)

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno meresmikan beroperasinya data center Telin-3 milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) yang berada di Jurong, Singapura.

Pembangunan data center Telkom di Negeri Singa tersebut jadi bukti semakin eratnya hubungan kedua negara. Data center baru juga bisa membantu bisnis perusahaan-perusahaan startup di Singapura maupun Asia Tenggara umumnya yang tengah berkembang sangat pesat.

"Indonesia sudah membangun kerjasama dan hubungan diplomasi sejak tahun 1967. Saya percaya hubungan kedua negara akan semakin erat," kata Rini saat di Suntec Exhibition Centre, Singapura, Selasa (22/11/2016).

"Presiden Joko Widodo juga bertemu dengan Perdana Menteri Singapura di Semarang beberapa waktu lalu, guna meningkatkan kerjasama perusahaan di kedua negara. Apalagi saat ini ekonomi digital di Singapura sendiri sedang berkembang pesat," tambahnya.

Ke Singapura, Menteri Rini Resmikan Data Center TelkomFoto: Idris/detikcom


Sebagai informasi, data center ketiga tersebut dioperasikan anak usaha Telkom, Telekomunikasi Indonesia International Pte. Ltd. Singapore (Telin Singapore). Fasilitas ini sendiri merupakan data center ketiga milik Telin Singapore setelah data center yang berada di Changi dan Tai Seng.

Telin-3 dirancang sebagai data center premium yang futuristik, merupakan data center pertama dan satu-satunya yang mendapat sertifikasi rancangan Tier-IV dari Uptime Institute (UTI), sebuah institusi data center yang memiliki reputasi internasional. Sertifikasi ini diberikan kepada Telin-3 yang telah memenuhi standar pengelolaan risiko yang ketat, dan jaminan keamanan data yang dibutuhkan beragam industri.

Dibangun 5 lantai di area seluas 20.000 meter persegi dan mengadopsi sistem multi-tier, Telin-3 menyediakan layanan yang fleksibel dengan sistem modular, sehingga pelanggan dapat memilih beragam layanan dengan variasi tier yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

Kehadiran Telin-3 melengkapi data center berkelas dunia yang telah dimiliki TelkomGroup saat ini di Indonesia seluas 100.000 meter persegi dengan klasifikasi Tier-III yang berlokasi di Serpong Tangerang, Sentul, dan Surabaya, juga klasifikasi Tier-IV yang berlokasi di Jatinegara serta Data Center lainnya di banyak lokasi di area Jakarta.

Sementara itu, CEO Telin Singapore, Septika Widyasrini mengatakan, data center baru tersebut juga terhubung dengan jaringan serat optik bawah laut milik Telkom.

"Telin-3 juga merupakan penyedia carrier-neutral data center yang telah tersambung oleh jaringan serat optik domestik milik Telin Singapore. Telin-3 juga terhubung dengan jaringan kabel laut internasional milik Telkom Group, sehingga menjadikan posisinya sebagai global telecommunication hub," ujar Septika. (fyk/fyk)

Detik.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih18%
Pilih SenangSenang4%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau4%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Beras Sagu, Inovasi Baru yang Menjaga Tradisi Sebelummnya

Beras Sagu, Inovasi Baru yang Menjaga Tradisi

Mengkonsumsi Kulit Jeruk Diklaim Dapat Menangkal Virus Corona Selanjutnya

Mengkonsumsi Kulit Jeruk Diklaim Dapat Menangkal Virus Corona

Akhyari Hananto

1 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.