Lupa Sandi?

Mengenal Sosok Penentu Kemenangan Indonesia vs Singapura di Piala AFF

Arif B Setyanto
Arif B Setyanto
0 Komentar
Mengenal Sosok Penentu Kemenangan Indonesia vs Singapura di Piala AFF

Indonesia akhirnya maju ke babak semifinal piala AFF setelah mengalahkan Singapura dengan skor 2 - 1. Sempat tertinggal lebih dulu, tim nasional Indonesia mampu membalikkan keadaan dengan gol yang diciptakan oleh Andik Vermansyah dan gol penentu kemenangan dari Stefano Lilipaly.

Lilipaly bersama Andik merayakan kemenangan atas Singapura (instagram @timnas.indonesia)
Lilipaly bersama Andik merayakan kemenangan atas Singapura (instagram @timnas.indonesia)

Stefano Lilipaly adalah pemain sepak bola naturalisasi Indonesia, dia lahir di Anhem Belanda. Akan tetapi, Llipaly mempunyai keturunan dari Ayahnya, Ron Lilipaly yang merupakan orang asal Maluku..

Karir sepak bola Lilipaly memang berawal di Belanda. Sejak umur 7 tahun di klub amatir DCG, setelah itu dia sempat bergabung ke tim junior AZ Alkmaar tahun 2000. Setelah meninggalkan AZ alkmaar di tahun 2001 Lilipaly lama menjalani karir nya di FC Utrecht, di klub ini dia bertahan sampai tahun 2012.

Pada tahun 2009 Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini berhasil mendapatkan tempat di Jong Utrecht, yaitu tim junior level kedua di bawah senior. Di musim perdananya, dia sukses mencetak 8 gol termasuk pertandingan debutnya. Lilipaly juga mempunyai andil saat tim muda FC Utrecht meraih piala KNVB Junior 2009/2010, dia mampu mencetak 2 gol pada pertandingan final.

Stefano Lilipaly saat bermain bersama tim FC Utrecht
Stefano Lilipaly saat bermain bersama tim FC Utrecht (tren.co,id)

6 Agustus 2011 merupakan hari bersejarah bagi Lilipaly, dia menjalani laga perdana di liga utama Belanda bersama FC Utrecht. Walaupun masuk sebagai pengganti di menit 77, namun dia sangat gembira dengan penampilan perdananya di liga Eredivisie.

Selain di FC Utrecht, Lilipaly pernah menjalani karir di Almere City, Consadole Sapporo, SC Teslar serta klub ibukota Indonesia Persija Jakarta.

Lilipaly melakukan selebrasi saat membela tim SC Teslar (instagram @stefanolilipaly)
Lilipaly melakukan selebrasi saat membela tim SC Teslar (instagram @stefanolilipaly)

Sejatinya Lilipali pernah membela tim nasional belanda U-15 hingga U-18. “Saya sudah memperkuat tim nasional Belanda U-15 hingga U-18, tapi kalau harus memilih, saya ingin membela tim nasional Indonesia” terang Lilipaly. Ketertarikan Lilipaly kepada Indonesia karena Ibunya yang sering masak makanan khas Indonesia, dan Lilipaly menyukai semua masakan yang dibuat oleh Ibu nya.

Pada Agustus 2013, Lilipaly mengawali debut resmi untuk tim nasional Indonesia melawan Fillipina. Dia membuat 1 assist dan pertandingan berakhir 2-0 untuk kemenangan Indonesia.

Lilipaly bersama kapten tim nasional Indonesia Boaz Solosa (Goal.com)
Lilipaly bersama kapten tim nasional Indonesia Boaz Solosa (Goal.com)

Sampai sekarang pemain yang memfavoritkan Andreas Iniesta ini sedang berjuang bersama rekan-rekan timnas Indonesia untuk membawa pulang piala AFF. Selamat berjuang Lilipaly, Selamat berjuang tim nasional Indonesia.


Sumber : Berbagai Sumber

Pilih BanggaBangga43%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang29%
Pilih Tak PeduliTak Peduli7%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau21%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ARIF B SETYANTO

Kawan GNFI ... Lihat Profil Lengkap

Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata