Game Sepak Bola Berteknologi AR Pertama di Indonesia yang Mengedepankan Pemain Nasional

Game Sepak Bola Berteknologi AR Pertama di Indonesia yang Mengedepankan Pemain Nasional

Teknologi Augemented Reality (AR) yang dipakai dalam game sepak bola ASTARL Football (Liputan6.com/Doc: Istimewa)

Sepak bola merupakan olahraga paling populer di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Saking populernya banyak game bertemakan sepak bola yang menggunakan berbagai macam teknologi, mulai dari Fifa, Pro Evolution Soccer, Football Manager. Salah satu game bertema sepak bola yaitu ASTARK Football game sepak bola asal Indonesia yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR).

Aplikasi permainan sepak bola ini merupakan pertama kalinya di Indonesia yang menggunakan teknologi AR trading card, yaitu teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi lalu diproyeksi ke lingkungan nyata. Contoh game yang memakai tenologi AR adalah Pokemon Go. Tapi di game ini ditambah kartu untuk memunculkan sebuah karakter yang akan dimunculkan.

Teknologi AR trading cards yang dipakai ASTARK Football (brilio.net/Yani Andryansjah)
Teknologi AR trading cards yang dipakai ASTARK Football (brilio.net/Yani Andryansjah)

Inti dari permainin di aplikasi ini adalah berkompetisi melawan pengguna yang lainnya. Konsepnya kita menjadi manajer tim, konsep ini hampir mirip dengan Football Manager. Para pengguna game ini harus bisa membuktikan siapa yang mampu membangun dan melatih timnya dengan baik.

Dengan adanya teknologi AR trading cards yang digunakan ASTARK Football, pengguna game ini bisa memainkan figur pesepak bola dalam bentuk tiga dimensi. ASTARK Football juga menawarkan pengguna untuk membeli item trading cards. Trading cards merupakan paket kartu yang nantinya berfungsi untuk menambah kekuatan tim terdiri dari elemen pemain, tempat latihan dan skill pemain.

Kartu yang digunakan untuk membangun tim dalam game ASTARK Football (brilio.net/Yani Andryansjah)
Kartu yang digunakan untuk membangun tim dalam game ASTARK Football (brilio.net/Yani Andryansjah)

Selain itu, Pemain sepak bola yang ada dalam game ini tidak ada dari pesepak bola internasional. di dalam game ini hanya menggunakan pemain yang berasal dari dalam negeri saja. Hal ini diharapkan mampu menjembatani penggemar sepak bola di tanah air dengan para pemain idolanya.

Bambang Pamungkas, striker andalan persija Jakarta yang hadir saat peresmian game ini menyambut positif adanya STARK Football. Menurut Bepe, ini merupakan terobosan baru untuk lebih mengenal pesepak bola tanah air. Karena mengedepankan pemain sepak bola lokal diharapkan memberi efek rasa nasionalisme untuk para pengguna game ini terhadap pemain sepak bola nasional.


Sumber : bola.com

Pilih BanggaBangga11%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang22%
Pilih Tak PeduliTak Peduli22%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau44%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Perang Harga Uber, Grab & Taxi di Indonesia Sebelummnya

Perang Harga Uber, Grab & Taxi di Indonesia

Indonesia Masuk dalam Daftar Negara dengan Destinasi Ramah Wanita Muslim 2019 Selanjutnya

Indonesia Masuk dalam Daftar Negara dengan Destinasi Ramah Wanita Muslim 2019

Arif B Setyanto
@bon2befree

Arif B Setyanto

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.