Plastik Diminum? Anak Muda Bali Ini Membuatnya Jadi Mungkin

Plastik Diminum? Anak Muda Bali Ini Membuatnya Jadi Mungkin
info gambar utama

Mungkin tidak pernah terbayangkan dalam benak kita kalau plastik bisa diminum. Tapi, di tangan seorang Kevin Kumala, hal ini bisa menjadi mungkin.

Bagaimana bisa?

Dalam sebuah video di Facebook yang diunggah oleh Al Jazeera, Kevin mendemonstrasikan bagaimana plastik itu bisa diminum. Mula-mula Kevin menyobek plastik yang terbuat dari singkong tersebut kemudian memasukkannya ke dalam gelas berisi air. Setelah mengaduknya, beberapa detik kemudian plastik itu larut dalam air dan Kevin meminumnya.

Produk plastik unik ini adalah inovasi dari Avani, sebuah perusahaan produksi tas, sedotan, dan bungkus makanan yang eco-friendly asal Bali. Avani memproduksi plastik sekali pakai dengan 100% bahan-bahan yang mudah terurai. Ide ini untuk mengganti plastik berbahan dasar petroleum dengan plastik yang berbahan alami.

Begitu pula plastik yang baru saja diminum oleh Kevin. Plastik ini terbuat dari pati singkong. Menurut Avani, plastik inovatif ini dapat terurai dalam waktu kurang dari 90 hari dan bahkan bisa larut dalam air hangat.

Bagaimana dengan bahan-bahan kimia di dalamnya?

Jangan khawatir karena produk plastik ini sudah melalui uji toxic dan tidak akan membahayakan lingkungan.

Bali memang tercatat sebagai tempat ke dua penghasil sampah plastik terbanyak di kawasan laut dunia. Tidak bisa dipungkiri, hal ini terjadi juga karena Bali merupakan destinasi wisata favorit hampir seluruh umat di dunia ini. Di Pantai Kuta akan banyak kita temui sampah, terutama sampah plastik berserakan.

Di laman websitenya Avani menulis bahwa pihaknya ingin memberikan solusi untuk melindungi Bali dari semakin banyaknya sampah plastik dengan menawarkan alternatif plastik yang eco-friendly bagi produk-produk makanan, minuman, maupun barang lainnya yang kerap dibeli dan digunakan oleh para turis.

Perusahaan ini pertama kali fokus produksi pada jas hujan ponco. Namun, pada 2014 setelah mendapatkan patennya, Avani mulai merambah ke produk-produk lainnya yang bisa digunaan oleh hotel, restoran, dan warung-warung setempat. Cup minuman, sedotan, cassava bags, sendok-garpu, toples makanan, dan masih banyak lagi media penyimpan dan pengemas yang diproduksi oleh Avani.

"Kami berharap suatu hari nanti produk biodegradable bisa menjadi status quo, tentu saja dalam hal penggunaan plastik," ujar Kevin.

Berikut ini adalah produk-produk kreatif dari Avani yang sangat unik dan ramah lingkungan tentunya:

Cassava Bags

Cassava Bags (Foto: avanieco.com)
info gambar

Cup

Cups (Foto: avanieco.com)
info gambar

Sedotan

Paper straw (Foto: avanieco.com)
info gambar

Sendok dan garpu

Sendok dan garpu (Foto: avanieco.com)
info gambar


Sumber : 1millionwomen.com.au | theonlinecitizen.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini