Lupa Sandi?

Di Bandung, Zebra Cross Disulap Jadi Unik

Ahda Fariha
Ahda Fariha
0 Komentar
Di Bandung, Zebra Cross Disulap Jadi Unik

Zebra Cross atau tempat penyeberangan dengan garis putih hitam sudah biasa, bagaimana jadinya jika zebra cross dibuat dengan desain yang berbeda? Di Bandung, zebra cross unik ini dapat dijumpai di sekitar jalan Merdeka, Asia Afrika, Tamblong dan Braga.

Hal ini membawa warna kota Bandung dan tentunya menjadi perhatian sejumlah pejalan kaki. Bahkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mewacanakan akan mengganti desain zebra cross dengan beragam desain unik dan komunikatif, seperti motif ular tangga, angklung, permainan sondah dan suling yang sudah mewarnai di sejumlah titik jalanan Kota Bandung.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Desain permainan engklek yang mewarnai jalan Kota Bandung ©destinasibandung.co.id

Mengganti desain pada zebra cross dilakukan supaya pejalan kaki disiplin dan memperhatikan untuk menyeberang di titik yang sudah disiapkan. Pembuatan zebra cross tersebut didesain sedemikian rupa karena melihat banyaknya pejalan kaki yang menyeberang jalan sembarangan.

"Sebenarnya kemarin itu banyak orang yang nyeberang sembarangan walaupun di dekatnya ada zebra cross. Jadi, ini upaya untuk mencari daya tarik baru supaya orang mau menyeberang pada tempatnya. Poin utamanya itu," ucap Didi Ruswandi selaku kepala Dishub Kota Bandung, seperti dilansir melalui kompas.com.

Tujuan dari adanya desain unik zebra cross ini diharapkan meningkatkan kedisiplinan pejalan kaki untuk menyeberang di tempat yang telah disediakan. Selain itu juga meningkatkan waspada bagi pengendara motor yang seringkali tidak taat peraturan dan kurang menghargai hak para pejalan kaki untuk menyeberang.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
©okezone.com

Institut Teknologi Bandung (ITB) juga turut serta dalam membantu Dishub Kota Bandung untuk melakukan riset dampak dari desain baru zebra cross tersebut. Apabila banyak manfaat yang didapat dari pergantian desain zebra cross, maka Didi mengaku akan melakukan pergantian desain zebra cross lama dengan desain baru yang lebih unik.

"Kita juga sudah minta ITB melakukan riset apakah dengan zebra cross, minat penyeberang menjadi meningkat; apakah kendaraan bisa lebih hati-hati dan menghormati pejalan kaki. Kalau misalnya hasilnya berbeda lebih signifikan, kemungkinan akselerasinya bisa lebih cepat. Makanya kita tunggu hasil itu dulu (riset)," ujarnya.

Zebra Cross memang banyak dijumpai di tempat ramai dimana banyak pejalan kaki menyeberang jalan. Hal ini ditujukan untuk menertibkan para pengguna jalan dan diharapkan para pejalan kaki dapat menyeberang dengan aman dan tenang. Sanksi atau denda akan didapat apabila pengguna jalan tidak menaati peraturan berlalu lintas, inovasi desain baru zebra cross di Kota Bandung dapat menjadi contoh alternatif untuk taat menyeberang.

Sumber : dirangkum dari berbagai sumber

Pilih BanggaBangga44%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli5%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi22%
Pilih TerpukauTerpukau10%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AHDA FARIHA

art - poetry ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie