Kemenlu Luncurkan Aplikasi Untuk WNI di Luar Negeri

Kemenlu Luncurkan Aplikasi Untuk WNI di Luar Negeri

Ilustrasi (sumber : Ennomotive)

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Kementerian Luar Negeri Indonesia (kemenlu) saat ini memiliki inovasi baru yang memungkinkan Kemenlu hadir untuk setiap warga negara yang ada di luar negeri entah itu untuk melancong maupun bekerja. Menggunakan teknologi masa kini, Kementerian telah meluncurkan sebuah aplikasi bernama Safe Travel yang diperuntukan bagi warga negara Indonesia yang berada atau yang akan berpergian ke luar negeri.

Beberapa masalah yang sering dihadapi oleh wisatawan Indonesia yang berada di luar negeri seperti hilangnya paspor dan membutuhkan waktu untuk mendapatkan surat pengganti paspor, mencari penginapan yang murah dan aman untuk dirinya sendiri bersama rombongan dan mencari tempat kuliner Indonesia.

Safe Travel Apps (Instagram Kemenlu )
Safe Travel Apps (Instagram Kemenlu )

Kementerian Luar Negeri Indonesia menunjukkan kepeduliannya terhadap warga Indonesia yang sedang melancong dengan meluncurkan aplikasi Safe Travel . Meski masih dalam tahap Beta, Kemenlu mengklaim bahwa applikasi ini akan memiliki manfaat dari kedua sisi, dari sisi WNI yang di luar negeri mereka akan dengan mudah mengetahui informasi yang mereka ingin ketahui di tempat yang mereka singgahi, dari penginapan hingga tempat ibadah.

Sedangkan dari sisi Kemenlu, mereka akan mengetahui secara akurat berapa orang Indonesia yang berada disuatu negara, sehingga jika ada apa-apa, perwakilan negara tersebut dapat melakukan pertolongan atau tindakan tertentu. Aplikasi ini juga layaknya jalur komunikasi, sehingga WNI satu dengan yang lain akan terkoneksi, hal ini memudahkan WNI yang berada di suatu negara dapat bertemu atau melakukan suatu kegiatan.

Aplikasi safe Travel ini juga dilengkapi dengan lokasi Kantor Perwakilan Indonesia terdekat, sehingga memudahkan pelancong Indonesia untuk datang ke kantor perwakilan jika ada hal penting untuk diurus seperti perpanjangan visa atau melaporkan kehilangan paspor.

Menlu Retno Marsudi (Tribun)
Menlu Retno Marsudi (Tribun)

"Aplikasi ini akan sangat membantu kami untuk mengetahui sebaran WNI di luar negeri dan identitas mereka karena akan terhubung secara aktual," Kata Menlu Retno saat pernyataan pers tahunan di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (10/1/2017)

Menurut Ibu Menlu Retno Marsudi,aplikasi ini akan menjadi bukti bahwa negara juga hadir untuk warga negara yang brada di luar negeri sekalipun baik untuk yang berwisata, bekerja ataupun belajar.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga68%
Pilih SedihSedih2%
Pilih SenangSenang13%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi7%
Pilih TerpukauTerpukau6%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Bahasa Isyarat Menjadi Bahasa Utama di Desa Ini Sebelummnya

Bahasa Isyarat Menjadi Bahasa Utama di Desa Ini

Mengkonsumsi Kulit Jeruk Diklaim Dapat Menangkal Virus Corona Selanjutnya

Mengkonsumsi Kulit Jeruk Diklaim Dapat Menangkal Virus Corona

adli hazmi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.