Lupa Sandi?

Resmi! Pemain Muda Ajax Amsterdam ini Bakal Bisa Bermain untuk Timnas Indonesia

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Resmi! Pemain Muda Ajax Amsterdam ini Bakal Bisa Bermain untuk Timnas Indonesia

Timnas Indonesia yang terus berbenah usai mendapatkan sanksi dari FIFA telah berhasil menaturalisasi Ezra Walian. Seorang pemain eks timnas Belanda U-17 yang juga merupakan pemain muda klub kasta kedua utama Liga Belanda, Eerste Divisie, Ajax Amsterdam U-21.

Seperti diberitakan Liputan6.com, Ezra yang merupakan pemain sepakbola Belanda yang memiliki darah Indonesia dari ayahnya tersebut telah usai melalui proses naturalisasi oleh PSSI.

"Proses naturalisasi Ezra Walian baru saja beres." ujar Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto.

Meski proses naturalisasi telah usai, statusnya di Timnas Indonesia belum bisa dipastikan sebab pemain berposisi striker tersebut masih berada di Belanda.

"Ini menyangkut dengan negara yang bersangkutan. Jadi, kami belum bisa memberikan banyak komentar terkait statusnya di Timnas," imbuh Iwan.

Ezra Walian merupakan pemain 22 Oktober 1997 yang dipandang berpotensi bagi Indonesia dan diproyeksikan dapat memperkuat tim Garuda di ajang SEA Games 2017. Sebab dirinya sempat menarik perhatian berkat kesuksesannya membawa timnas Belanda U-17 berlaga menghadapi San Marino U-17 dalam laga Kualifikasi Piala Eropa U-17 tahun 2013 yang lalu. Saat itu Belanda mendang dengan skor 12-0 dengan lima gol dicetak oleh Ezra.

Tiga tahun berselang, pemain bernama lengkap Ezra Harm Ruud Walian tersebut pamornya meningkat saat dirinya mengungkapkan tertarik untuk bergabung dengan Indonesia ketika dirinya berlibur tahun baru ke Tanah Air. Ezra saat itu berkicau menanggapi dan mendukung pertandingan Timnas Indonesia dalam piala AFF 2016 yang lalu lewat akun Instagram miliknya.

Seperti ditulis Fourfourtwo, pemain muda yang lahir dari pasangan Glenn Walian yang memiliki darah Manado dan Linda Bos yang asli Belanda itu saat ini telah bermain tujuh pertandingan profesional bersama Ajax U-21. Meski belum memberikan gol, dirinya telah berhasil menyumbangkan satu assist.

Walau begitu, Ezra yang merupakan pemain Jong Ajax (sebutan tim Ajax U-21) mendapat banyak perhatian berkat perannya di timnas junior Belanda. Hampir disetiap tingkatan junior seperti U-15, U-16, U-17 dan U-18, Ezra terpilih sebagai pemain.

Ezra adalah pemain naturalisasi dari Belanda kesekian yang direkrut oleh PSSI untuk memperkuat timnas Indonesia. Karir Ezra masih cukup panjang, keterlibatannya dengan timnas Merah-Putih memang belum bisa menjamin apapun bagi karirnya ke depan. Namun pria bertinggi badan 178 sentimeter tersebut bisa menjadi angin segar bagi sepakbola Indonesia yang berusaha pulih.

Kita tunggu saja kiprahnya bersama dengan skuad Garuda di SEA Games 2017, Malaysia bulan Agustus mendatang.


Sumber : Fourfourtwo; Liputan6.com

Pilih BanggaBangga63%
Pilih SedihSedih13%
Pilih SenangSenang25%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata