Domain .id Jadi Domain Terbanyak Digunakan di Asia Tenggara

Domain .id Jadi Domain Terbanyak Digunakan di Asia Tenggara
info gambar utama

Domain .id yang merupakan domain tertinggi yang ada di Indonesia diklaim telah mencapai angka 1.199.045 situs. Angka tersebut diklaim telah menjadi yang terbanyak digunakan di Asia Tenggara oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)

Sebagaimana diberitakna CNN Indonesia, Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Andi Budimansyah mengungkapkan bahwa domain .id telah menjadi mayoritas pasar.

"Total domain .id per akhir tahun 2016 tembus satu juta lebih dengan market share 86 persen," ujar Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) Andi Budimansyah Rabu (11/1).

Berdasarkan data yang dirilis PANDI, jumlah domain .id secara keseluruhan telah tumbuh 783 persen sepanjang tahun 2016 jika dibandingkan tahun 2015 dengan perolehan sekitar 153.006 situs.

Pencapaian signifikan domain .id tercatat terjadi pada Desember 2016, yang awalnya masih berjumlah 230an ribu situs langsung melambung ke angka satu jutaan.

Dari sejuta domain yang disediakan Kominfo, namun baru sekitar 35.149 situs yang sudah aktif dipakai masyarakat. Sisanya masih berupa situs reservasi kosong yang siap dipakai kapan pun oleh masyarakat.

"Meskipun secara teknis sudah diaktifkan oleh PANDI, di Kominfo statusnya masih direservasi," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Sammy Abrijani Pangerapan, ditemui di tempat yang sama.

Domain cadangan tadi diprioritaskan Kominfo untuk kebutuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Selain itu, penggunaan domain banyak dipakai oleh pedesaan, komunitas, dan sekolah. Pemerintah menargetkan pada 2017 ini seluruh domain sudah terserap oleh masyarakat.

Provinsi Jawa Barat sejauh ini merupakan yang paling banyak menyerap program sejuta domain .id yakni sebanyak 6.660 situs, disusul oleh Jawa Timur dan Jawa Tengah di kisaran 5 ribuan situs. Sedangkan Papua Barat tercatat sebagai yang paling sedikit dengan 11 situs.

Dengan terwujudnya program sejuta domain .id ini, Indonesia dinobatkan sebagai pemilik domain lokal terbanyak di Asia Tenggara.

Pencapaian domain Indonesia ini telah melampaui perolehan domain Vietnam dan Malaysia yang sebelumnya berada di peringkat satu dan dua di kawasan ASEAN. Vietnam dengan domain .vn tercatat memiliki 600 ribuan situs, sedangkan Malaysia hanya punya sekitar 350 ribu saja.

Menurut Sammy, kuantitas situs berdomain .id ini penting untuk menjaga peredaran trafik internet tetap berada di dalam negeri. Trafik yang besar itu juga mampu menghemat anggaran penyedia jasa internet lokal dalam menyedot bandwidth internasional.

Sumber : CNN Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini