Tidak Perlu Jauh-Jauh ke Luar Negeri, Indonesia Juga Punya Satu yang Keren. Nikmati Eksotisme Patung Budha Tidur di Trowulan, Mojokerto

Tidak Perlu Jauh-Jauh ke Luar Negeri, Indonesia Juga Punya Satu yang Keren. Nikmati Eksotisme Patung Budha Tidur di Trowulan, Mojokerto
info gambar utama

Dikenal sebagai situs sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit, Mojokerto merupakan sebuah kota yang sangat kental dengan sejarahnya. Disini pula terdapat Patung Budha Tidur yang sudah menjadi salah satu ikon wisata favorit di Trowulan, Mojokerto. Berlokasi di Maha Vihara Mojopahit di Jalan Candi Brahu Gang I, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto ini menjadi salah satu primadona bagi para wisatawan. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, para wisatawan dapat berkunjung ke tempat ini selama dapat menjaga ketenangan. Patung Budha Tidur ini dibangun pada tahun 2001 dan diakui sebagai salah satu Patung Budha Tidur paling besar di Asia, dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter, patung ini menempati urutan ketiga terbesar setelah Thailand dan Myanmar. Jadi bagi kalian yang ingin menikmati eksotisme Patung Budha Tidur ini, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena Indonesia memiliki satu yang keren yakni di Trowulan, Mojokerto.

Patung Budha Tidur ini di cat dengan warna emas mengkilat yang berfungsi sebagai penggambaran wafatnya Siddharta Gautama dan juga dibuat menghadap ke arah selatan yang dianggap sebagai kiblatnya umat Budha. Akses perjalanan untuk menuju ke lokasi ini tidak terlalu sulit, anda dapat mengendarai kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Lokasinya mudah dijangkau karena berada di tepi jalan raya, hanya saja anda perlu masuk sedikit ke dalam kompleks Maha Vihara. Jika berkunjung ke Maha Vihara Mojopahit ini, anda hanya akan dikenakan dana partisipasi kebersihan sebesar Rp 3.000/orang untuk dewasa dan Rp 2.000/orang untuk anak-anak. Fasilitas yang disediakan di sekitar kompleks Maha Vihara antara lain toilet umum, mushola, tempat parkir, dan anda tidak perlu merasa khawatir jika merasa lapar atau haus karena disini juga terdapat banyak penjual makanan dan minuman.

Foto ini diambil ketika saya berkunjung ke Maha Vihara Mojopahit pada Hari Minggu, 15 Januari 2017
info gambar

Begitu memasuki pintu gerbang utama Maha Vihara Mojopahit ini, anda akan disambut dengan bangunan bertuliskan "Sasono Bhakti" dimana di sekelilingnya terdapat beberapa patung Budha dengan berbagai macam pose. Bagi kalian yang suka selfie, dapat mengambil foto di sekitar area tersebut tanpa melewati batas pengunjung. Selain itu, di kompleks Maha Vihara Mojopahit ini juga terdapat patung Garnesha, patung Budha berkepala ular, relief patung Budha, dan rumah para biksu tetapi tentu saja yang paling akan menarik mata pengunjung adalah kehadiran Patung Budha Tidur itu sendiri karena bentuknya yang sangat besar dan eye-catching.

Foto ini diambil ketika saya berkunjung ke Maha Vihara Mojopahit pada Hari Minggu, 15 Januari 2017
info gambar

"Artikel ini diikutkan dalam Kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2"

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini