Lupa Sandi?

Jejak Galian Timah ‘Open Pit’ di Belitung

Reszi Ariefianda
Reszi Ariefianda
0 Komentar
Jejak Galian Timah ‘Open Pit’ di Belitung

      Open Pit di Klapa Kampit adalah penambangan timah terbuka terbesar di Asia Tenggara. Sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Terletak di Desa Senyubuk Kelapa Kampit, sekitar 60 kilometer dari Tanjung Pandan, atau sekitar 30 kilometer dari Kota manggar, ibukota Belitung Timur. Open Pit adalah sebuah wilayah yang dulunya digunakan oleh perusahaan tambang asal Australia BHP Billiton (Billiton adalah nama internasional Belitung) (1971-1985) dan kemudian dialihkan ke perusahaan Jerman bernama Preussag GmbH of Hannover, tempat ini oleh mereka digunakan sebagai pusat operasi penambangan timah sampai akhir tahun 1989. 

Open Pit Belitung
Open Pit Belitung

       Open Pit menjadi unik karena kawasan yang dulunya merupakan area tambang timah ini merupakan tambang dalam, bukan tambang semprot seperti kebanyakan tambang timah di Bangka Belitung. Di area Open Pit ini terdapat sebuah danau besar yang letaknya dalam cekungan raksasa, serta gua bekas penambangan. 

Kantung Semar di Sekitar Open Pit
Kantung Semar di Sekitar Open Pit

Danau di Open Pit ini tidak terlihat dasarnya. Pantulan airnya berwarna hijau turquois. Dikelilingi oleh batuan cadas yang telah ditambang sehingga memberi tekstur yang luar biasa.  

Artikel ini diikutkan dalam Kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2

Baca Juga

Sumber : Reszi Ariefianda

Menulis Kabar Baik #2
Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG RESZI ARIEFIANDA

Indonesian. A guy that loves travelling, taking pictures, folk music, and sometimes writing words of meanings ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara