Lupa Sandi?

Indonesia, dengan Dua Pasang Gunung yang Senantiasa Menghiasinya. Merbabu Merapi dan Sindoro Sumbing

maulana adieb
maulana adieb
0 Komentar
Indonesia, dengan Dua Pasang Gunung yang Senantiasa Menghiasinya. Merbabu Merapi dan Sindoro Sumbing

Indonesiaku
Menggema suaraku
Memanggil namamu
Melantunkan syair-syair tentangmu

Kulihat ibu pertiwi
Duduk diatas lantai beralaskan permadani
Melukis karya di atas kertas
Lalu, tiba-tiba ia marah atas karyanya

Ibu pertiwiku, tak usah kau marah akibat lelah
Istirahatlah barang satu jam
Aku tahu karyamu sungguh memakan waktumu
Kini, kau sudah melahirkan mahakarya

Mahakarya yang bernama, Indonesia

Baca Juga

Indonesiaku, Indonesiamu
Tak terlepas oleh rasa yang memisahkan kau dan aku
Tetap melukis karya di atas kertas sang ibu pertiwi
Menciptakan cerita di atas mahakarya

Sepenggal puisi yang aku tulis untuk mengawali tulisanku kali ini. Puisi tentang bagaimana Indonesia begitu sangat berarti di mataku, karena aku tahu Indonesia memiliki berbagai macam kesederhanaan yang membuat kita merasa cukup karena telah tinggal disini. Kesederhanaan yang tak lebih mewah dari atas yang luar negeri punya. Indonesia kini merupakan sebuah negara yang akan sangat kaya dengan sumber daya alamnya, mulai tambang emas, minyak, dan bahkan paru-paru dunia berada di salah  satu daerah yang ada di Indonesia. Kesederhanaan itu selalu membuatku cukup akan Indonesia, Indonesia kita yang tak sempurna namun layak untuk diperjuangkan. Di lain hal, Indonesia juga memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa. Banyaknya gunung-gunung yang menghiasi negeri kita tercinta ini, membuat kita ingin sekali  melihat keindahan Indonesia dari atas gunung. Mulai dari gunung Jayawijaya yang berada di Papua sana, yang meraih predikat gunung tertinggi di Indonesia dengan puncaknya yang diselimuti oleh salju. Namun sayang sekali seiring berjalannya waktu salju tersebut berkurang sedikit demi sedikit. Dan juga gunung yang selalu menjadi daya tarik wisatawan luar negeri ataupun dari kita sendiri, Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur. Ranu Kumbolo yang senantiasa menyapa pendaki waktu pagi hari, dengan dihiasi oleh matahari terbit yang seolah berada di antara bukit yang berada di ranu kumbolo. Paku bumi yang senantiasa mengencangkan pondasi negeri Indonesia dengan keindahannya yang tak pernah habis. Begitu juga tentang keindahan lautan. Negara kita  terdiri dari beberapa pulau, dan lautan yang memisahkan pulau-pulau tersebut. Terbentang luas kumpulan lautan yang tentunya selalu menghiasi mata kita saat berkeliling Indonesia. Mari kita tengok daerah timur Indonesia, Banda Neira berhasil memiliki pemandangan laut yang luar biasa, ditambah lagi Raja Ampat yang selalu menjadi daya tarik wisatawan luar negeri  untuk menikmati keindahan bawah  laut Indonesia. Kekayaan bawah laut Indonesia pun bisa dibilang. Dengan luasnya yang mencapai kira-kira 5,8 Juta Km2 itu, laut Indonesia mampu menyerap sekitar 44 persen dari seluruh jumlah karbon dioksida (CO2) di atmosfer. Tentu dengan keadaan seperti itu tidak heran jika banyak sekali kehidupan bawah laut Indonesia yang berlangsung dan menghiasi bawah laut. Di mulai dari banyaknya terumbu karang, dan Fauna yang selalu betah untuk tinggal di bawah laut Indonesia. Indonesia tak pernah habis soal kekayaan alam, begitu juga dengan keindahannya.

Bagaimana aku bisa mengatakan tadi kalau Indonesia tidak  sempurna? Ah aku hanya tidak ingin melebihkan sesuatu.

Namun, aku ingin berbagi tentang keindahan alam Indonesia yang berkaitan dengan gunung. Aku tinggal di kota Semarang, dan gunung-gunung di sekitarku sangat banyak sekali, dan tentunya menyajikan keindahan yang luar biasa. Gunung Andong contohnya, walaupun gunung ini hanya memiliki ketinggian 1726 mdpl, namun keindahan yang disajikan sangatlah istimewa. Hamparan gunung tersedia dari atas gunung Andong, mulai dari Gunung telomoyo yang berada tepat di samping Gunung Andong, dan Gunung Merbabu Merapi yang terlihat begitu mesra berdeketan satu sama lain. Begitu juga di ujung juga terlihat Gunung kembar Sumbing Sindoro yang begitu megah dilihat dari atas Gunung Andong.  Kalau cuaca sedang bagus, mungkin kita juga bisa melihat Gunung Lawu yang berada lumayan jauh di belakang Merbabu Merapi. Dan tak lupa Gunung Ungaran pun terlihat jelas dari atas Gunung Andong. Betapa kaya keindahan Alam Indonesia kita.

Dari sekian keindahan yang terpampang, aku lebih menekankan pada dua pasangan gunung yang selalu menjadi pusat perhatianku. Yaitu pasangan Gunung Merbabu Merapi dan pasangan Gunung Sindoro Sumbing. Jika kita berada di tengah puncak punuknya Andong, maka kita bisa melihat bahwa dua pasangan gunung tersebut berada pada satu garis. Dan disinilah aku merasa bahwa Indonesia sangatlah keren dimataku. Belum lagi jika kita melihat puncak Gunung Merapi dari Pasar Bubrah. Pasar Bubrah adalah pos untuk mendirikan tenda yang berada di Gunung Merapi. Pasar Bubrah yang hanya menyajikan batu-batu dan pasir karena Gunung Merapi masih aktif sampai sekarang. Dan apabila kita melihat puncak Gunung Merapi, maka puncak tersebut seperti burung garuda. Dan kebetulan lambang negara kita memakai Burung Garuda. Lalu, apakah cuman negara Indonesia yang memiliki Gunung dengan bentuk puncak yang menyerupai lambang negaranya?Mungkin jawabanku sekarang adalah YA!

Puncak Gunung Merapi yang menyerupai Lambang Negara kita, Burung Garuda
Puncak Gunung Merapi yang menyerupai Lambang Negara kita, Burung Garuda

Dan tentang, Sumbing Sindoro. Jika kita berada pada jalan menuju wonosobo, kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang dulu kita sendiri sudah pernah kita gambar pada waktu SD. Ya, kita berada pada jalan dimana disamping adalah sawah-sawah yang membentang, dan di depan kita tersaji dua gunung yang sangat megah. Mungkinkah  ini  hanya berada di Indonesia?mungkin jawabanku sekarang adalah, YA!

Jadi, bagaimana aku tadi sempat mengatakan bahwa Indonesia bukan negara yang sempurna?entahlah.

Indonesia memang keren, sesekali kalian bisa main di daerah yang aku sebutkan tadi, dan cobalah menikmati dan meresapi  keindahan Indonesia. Namun aku selalu menekankan untuk selalu menjaga kelestarian alam Indonesia. Karena kita lah yang harus menjaganya.

Artikel ini diikutkan dalam Kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2


Sumber : Tulisan Saya Sendiri
Sumber Gambar:Saya Sendiri

Pilih BanggaBangga44%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang11%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi44%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG MAULANA ADIEB

Semarang, 22 Mei 1995 ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas