Lupa Sandi?

4 Hal Keren Asli Indonesia ini Ternyata Juga Dicintai Orang Asing!

Widi Bintang
Widi Bintang
0 Komentar
4 Hal Keren Asli Indonesia ini Ternyata Juga Dicintai Orang Asing!

Tidak aneh rasanya jika seorang warga negara mencintai budaya dan kearifan lokal negaranya sendiri. Namun menjadi unik jika ternyata seorang warga negara asing justru juga ikut mencintai hal – hal yang berasal dari negeri orang.

Indonesia yang sudah sejak lama telah dikenal dengan gudangnya keindahan dan kearifan lokal yang unik, juga memiliki hal –hal yang juga dicintai oleh warga dunia. Apa sajakah hal hal itu? Berikut  4 Hal Keren Asli Indonesia yang Ternyata Juga Dicintai Orang Asing :

  1. KEINDAHAN ALAM
Berkat keindahan alam Indonesia membuat dunia memberikan gelar Surga Dunia
Berkat keindahan alam Indonesia membuat dunia memberikan gelar Surga Dunia

Nampaknya semua orang setuju bahwa kekayaan dan keindahan alam Indonesia adalah yang terbaik di dunia. Untaian kepulauan nusantara selalu membuat terpana bagi semua mata yang memandang. Hal ini lah yang membuat jumlah wisatawan asing selalu bertambah setiap tahunnya.

Dari sekian banyak destinasi di Indonesia, salah satu yang menjadi favorit para turis asing adalah pulau Bali. Mendapat julukan surga dunia, Bali selalu berhasil menarik banyak wisatawan asing.

Mulai dari  warga biasa hingga public figure dunia. Sebut saja Ashton Kutcher, Mila Kunis, Justin Bieber, Selena Gomez, hingga David Beckham pernah bahkan masih sering berkunjung ke pulau bali.

Selain datang ke Indonesia, keindahan alam Indonesia juga pernah di replika. Di Eropa terdapat sebuah taman yang bernuansa Indonesia. Terletak di Parc Paradisio, Brugelette, Belgia, Taman seluas 5 hektar tersebut diberi nama The Kingdom Of Ganesha ini terwujud atas dasar kecintaan Eric Domb yang merupakan petinggi dari Parc Paradiso terhadap Indonesia.

Salah satu bagian dari The Kingdom Of Ganesha di Belgia
Salah satu bagian dari The Kingdom Of Ganesha di Belgia

Komplek luas ini terdiri dari Puri Agung Shanti Buwana Bali, replika besar Candi Prambanan, bongkahan batu besar berderet ala Gunung Kawi, rumah Toraja, replika Candi Borobudur, rumah tradisional Nusa Tenggara Timur serta beragam patung dan bahkan kayu pohon besar yang telah menjadi fosil dari daerah Banten.

Tak tanggung-tanggung, keseluruhan dari taman yang telah dibuka dan diresmikan pada 20 Mei 2009 ini dibangun oleh para seniman dan pekerja yang didatangkan khusus dari Bali dan Jawa Tengah.

  1. MUSIK DANGDUT
Musik dangdut erat sekali kaitannya dengan kehidupan masyarakat Indonesia
Musik dangdut erat sekali kaitannya dengan kehidupan masyarakat Indonesia

“Dangdut is music of my country”

Ungkapan tersebut seolah secara tepat berhasil mendeskripsikan musiknya orang Indonesia. Alunan musik yang khas dengan suara gendang yang bertabu dan selalu sukses membuat siapa saja bergoyang dan berdendang ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Mulai dari hiburan jalanan, café dangdut, hotel, hingga hiburan di televisi nasional.

Dangdut yang merupakan hiburan berskala nasional dan mencakup semua lapisan masyarakat, kini juga telah berhasil sudah melebarkan sayapnya hingga keluar negeri dan dicintai orang asing.

Pada tahun 2014 silam, diselenggarakan suatu kompetisi menyanyi dangdut di Amerika Serikat. Acara tersebut bertajuk “Dangdut In America” ditujukan khusus bagi orang asli Amerika. 

Ternyata  acara ini mendapatkan antusias yang cukup baik dari warga setempat sehingga festival ini masih terus diadakan hingga sekarang sebagai festival tahunan. Dari kompetisi tersebut, Arreal Tilghman keluar sebagai pemenang dan berkesempatan untuk memproduksi album dangdutnya sendiri.

Kini semakin banyak bermunculan orang-orang asing yang mencintai dan menyanyikan lagu dangdut. Seperti Dangdut Cowboys asal Amerika serikat, Ricky Ujung (hwang woo jong) asal korea Selatan yang terkenal dengan lagu dangdutnya yang berjudul mama papa, dan lain-lainnya.

  1. KULINER INDONESIA
Masakan Indonesia dikenal dengan kaya rempah dan cita rasa yang khas.
Masakan Indonesia dikenal dengan kaya rempah dan cita rasa yang khas.

Siapa yang bisa menahan godaan masakan Indonesia? Racikan yang kaya akan rempah dengan cita rasa yang unik dan lezat, selalu berhasil memanjakan lidah siapapun yang menikmatinya dan membuat ketagihan.

Banyaknya pertumbuhan restoran bertemakan masakan Indonesia di luar negeri semakin membantu Indonesia dalam mempopulerkan masakan Indonesia. Seperti restoran ‘Bali Bali’ di London, Inggris,  ‘Nusantara Restaurant’ di Berlin, Jerman, ‘Borobudur Ristorante’ di Genoa, Italia dan masih banyak lagi.

Selain mendapat kepopuleran, masakan Indonesia juga mendapatkan pengakuan kelezatan masyarakat dunia. Pada tahun 2011, CNN merilis daftar 50 makanan terlezat di dunia yang didasarkan pada voting terbuka.

Hasilnya, Pada daftar tersebut peringkat pertama makanan paling lezat di dunia ditempati oleh Rendang, lalu disusul nasi goreng Indonesia pada peringkat kedua. Dalam daftar tersebut juga terdapat Sate Indonesia yang bertengger pada urutan ke 14. Sebuah prestasi membanggakan yang menunjukan kelezatan masakan Indonesia juga disetujui dunia. (CNN)

Kecintaan orang asing pada masakan Indonesia juga tidak hanya ditunjukan dengan membuka restoran, namun juga ditaungkan dalam bentuk lagu. Tercatat ada beberapa lagu diciptakan oleh warga negara asing untuk menunjukkan kecintaannya atas masakan Indonesia.

Misalnya lagu "Geef Mij Maar Nasi Goreng" ciptaan  Wieteke Van Dort, wanita keturunan belanda kelahiran Surabaya yang bercerita keinginannya untuk menyantap nasi goreng. Ada juga lagu "Aku Lapar" ciptaan band punk asal Prancis, Fransoa yang menyebutkan  43 jenis nama makanan khas Indonesia.

Dan  yang terbaru adalah lagu berjudul nasi padang yang sempat viral di sosial media. Lagu ini diciptakan oleh seorang pria asal Norwegia bernama Audun Kvitland. Lagu ini bercerita tentang kesannya saat pertama kali menikmati nasi padang lengkap dengan sensasi mencuci tangan dengan air kobokan.

  1. BATIK
Batik Indonesia mulai go Internasional.
Batik Indonesia mulai go Internasional.

Berbicara batik, mungkin yang terlintas di kepala bagi sebagian orang adalah pakaian yang identik dengan acara resmi dan kaku, kuno, dan sekedar baju untuk pergi ke acara pernikahan. Tapi tahukah bahwa kini batik telah merambah pasar Internasional dengan desain yang apik dan menarik.

Batik diperkenalkan kepada dunia pertama kalinya pada zaman Presiden Soeharto. Pada waktu itu beliau mengenakan batik saat mengahdiri Konferensi PBB. Kini para desainer kondang asal indonesia telah berhasil memasarkan batik kepada dunia internasional. Keindahan batik juga sering dikenalkan melalui berbagai ajang tingkat Internasional seperti Miss Universe dan Miss World.

Semakin terkenal dan berkelas, batik kini tidak hanya digunakan oleh orang masyarakat biasa. Para petinggi negara dan artis besar dunia seperti Obama, Nelson Mandela, Adele, Jessica Alba, Paris Hilton, hingga Sehun Exo, pernah terlihat mengenakan batik.

Para publik figur dunia juga mulai mengenakan batik.
Para publik figur dunia juga mulai mengenakan batik.

Ada kisah unik mengenai kecintaan Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela terhadap batik. Di Afrika Selatan, saking seringnya Mandela mengenakan batik baik acara dalam negeri maupun luar negeri, masyrakat Afrika Selatan menyebut juga batik dengan sebutan “Mandela’s shirt”.

Batik juga sering disebut
Batik juga sering disebut "Mandela’s shirt" oleh masyarakat Afrika Selatan.

Potensi berkembangnya batik yang begitu besar menjadikan batik sebagai suatu komoditas yang membuat iri bangsa asing bahkan diburu untuk diakui sebagai budayanya. Tentu kita masih mengingat kejadian diklaimnya batik sebagai warisan leluhur oleh Malaysia.

Hingga pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) asal Indonesia. Suatu kebanggan bagi Indonesia karena akhirnya batik diakui sebagai kekayaan asli milik bangsa Indonesia.

Itulah 4 Hal Keren Asli Indonesia yang Ternyata Juga Dicintai Orang Asing. Dengan mengetahui hal ini, semoga dapat menambah kebanggan dan kesadaran kita akan kayanya Indonesia. Semakin menambah kecintaan terhadap negeri ini karena warga negara asing pun juga banyak yang mencintainya.

Akhir kata, mencintai dan menumbuhkan nasionalisme pada bangsa sendiri bukan lah hal yang tabu atau kewajiban yang mengikat. Tapi mencintai negeri ini adalah suatu keperluan mendasar dan kebanggan tersendiri. Semua itu karena Indonesiaku Keren!


Sumber :

CNN

VoA

Youtube

Artikel ini diikutkan dalam Kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2

Pilih BanggaBangga72%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang12%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi12%
Pilih TerpukauTerpukau1%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG WIDI BINTANG

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, membaca, dan ingin terus berkarya. ... Lihat Profil Lengkap

Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara