Lupa Sandi?

Indahnya Kota Seinggok Sepemunyian

Nur Febry Haironi
Nur Febry Haironi
0 Komentar
Indahnya Kota Seinggok Sepemunyian

Indahnya Kota Seinggok Sepemunyian

Oleh : Nur Febry Fitri Yanti

Indonesia memiliki ragam budaya serta kekayaan alam yang melimpah, tampak jelas dari sabang sampai marauke terdapat keindahan alam yang sangat eksotis mempesona bagi mata yang memandang, seperti hal nya Gunung Rinjani, Raja Empat, Pulau Komodo dan masig banyak lagi pesona alam yang kini menjadi tempat wisata baik bagi asli pribumi ataupun para pendatang (tourisme ). Tak hanya kaya akan alam, Indonesia pun terkenal dengan budaya-budaya yang saat ini masih dilestarikan semisal permainan Reog Ponorogo, Kuda Lumping, serta tari-tarian dari berbagai Provinsi.

Merucut pada pesona alam, mungkin pesona kali ini tidak sebegitu terkenal seperti keindahan alam yang berada di kota-kota tertentu semisal Yogyakarta, yang dimana Yogyakarta ini memang notabenenya tempat wisata yang luar biasa akan keindahan serta pesonanya yang meemukau penjuru dunia. Bagaimana tidak di kota ini terdapat candi-candi yang terkenal akan sejarahnya seperti Borobudur dan juga pantai-pantai yang berlegenda seperti Pantai Kidul, dan masih banyak lagi. Merujuk pada judul diatas kita ketahui dulu apa itu Prabumulih. Prabumulih ini merupakan sebuah kota yang berdomisili di Sumatera Selatan, mungkin tak banyak orang yang tahu dengan kota ini, karena kebanyakan orang-orang tahu Sumatera Selatan ialah kota Palemnbang saja.

Baca Juga

Kota Prabumulih ini sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Muara Enim, dengan jarak 87 kM ke Ibu Kota Muara Enim dan 97 KM ke Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan yang disebut juga dengan Kota Palembang. Prabumulih ini memiliki iklim tropika basah seperti kebanyakan iklim di wilayah Indonesia, adapun juga komoditi unggulan kota Prabumulih yaitu sektor pertambangan dan perkebunan. Sektor pertambangan komoditi unggulannya ialah batu bara, sedangkan sektor perkebunan komoditi yang diunggulkan berupa karet, kelapa, dan kelapa sawit. Tak kalah menariknya Kota Nanas ini juga memiliki tempat wisata yang cukup memuaskan bagi keluarga untuk berlibur diantaranya, seperti:

1. Kawasan Muara Sungai, yang dimana daerah tersebut memiliki sebuah keindahan yang mempesona seperti di Raja Empat yakni sebuah Danau yang berwarna biru, bukan hanya itu disana kita juga dapat menikmati keindahan alam yang berjejer dijalan dengan rimbunnya perkebunan karet membawa kesejukan, beraura dingin dan pastinya memanjakan mata.

Desa Muara Sungai
Desa Muara Sungai

2. Islamic Center, namanya saja sudah menggambarkan aroma ke-Islaman. Ya, Islamic Center ini merupakan sebuah masjid yang megah, bahkan karena kemegahannya masjid ini dijuluki dengan masjid termegah dan terbesar di Sumatera Selatan. Tampak jelas terlihat dari ornamen-ornamen yang indah dan unik serta ditambah dengan interior-interior yang tak kalah mendukung keindahan masjid tersebut, sehingga munculnya nuansa-nuansa Islami ketika berkunjung.

Islamic Center
Islamic Center

3. Caroline Island, sebuah tempat pemandian keluarga yang bertempat di Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT). Tempat wisata ini patut untuk dikunjungi saat berlibur di Kota Prabumulih, karena Caroline ini salah satu waterboom yang terkenal di daerah Prabumulih. Caroline ini tersedia kolam renang, waterboom, ember tumpah. Serta juga terdapat interior yang indah sehingga dapat berfhoto-fhoto selfie bersana keluarga.

Caroline Island
Caroline Island

Tak hanya tempat wisata, Prabumulih pun memiliki taman-taman yang indah, pas untuk menghabiskan waktu bersama orang terkasih, yuk sama-sama kita mengenal taman-tamannya:

1. Taman Kota Prabumulih, taman ini dibuat atas kebijakan dari Bapak Walikota Prabumulih. Taman ini dulunya merupakan sebuah lapangan yang digunakan untuk upacara 17 Agustus, tetapi saat ini sudah menjadi taman yang indah. Ditaman ini terdapat seperti menara yang diatasnya ada sebuah patung bujang gadis yang membawa nanas, serta juga permainan anak-anak seperti ayunan dsb, tempat duduk yang bertingkat-tingkat seperti di stadion disana kita dapat melihat keindahan seluruh taman. Taman ini juga ditanami perpohonan yang hijau-hijau sehingga udara terasa asri. Taman ini sering dikunjungi oleh muda-mudi, ada yang menghabiskan waktu dengan bermain sepeda, bermain bola basket, sketboard, dan tak kalah unik ada juga yang selfie.

Taman Kota Prabumulih
Taman Kota Prabumulih

2. Taman Wonosari, sama hal nya dengan taman kota Prabumulih, taman ini cukup indah. Pas sekali untuk memanjakan mata karena terdapat tanaman hijau yang berbunga putih yang rimbun seperti taman bunga. Tak hanya itu taman ini juga memiliki tempat permainan seperti ayunan, cocok banget kan untuk berdua dengan sang kekasih atau keluarga.  Taman ini juga terdapat pepohonan seperti pohon hias yang dibentuk-bentuk, cantik dan seger kalau dilihat, taman ini pun terdapat tempat duduj yang dihiasi dengan cat warna-warni.

Taman Wonosari
Taman Wonosari

Satu lagi destinasi kekayaan alam yang indah di kasawan Prabumulih ini "Bangsal". Apa itu Bangsal? Bangsal merupakan salah satu tempat pembuatan batu bata yang bertempat di desa Bakaran. Bakaran? Mungkin pembaca bingung apa itu Bakaran. Bakaran merupakan salah satu desa dibagian kota Prabumulih, yang dimana sebagian penduduknya mencari nafkah dengan cara membuat  batu bata di Bangsal. Bangsal ini hak milik salah satu masyarakat Bakaran itu sendiri, yang mengerjakan orang-orang sekitar untuk membuat bata dan dijual.

mengapa saya katakan Bangsal itu keren, beberapa hari yang lalu saya mengunjungi (berziarah) kuburan nenek, salah satu akses jalan terdekat ialah melintasi Bangsal itu sendiri. Maha Besar Allah dengan segala ciptan-Nya, luar biasa Bangsal tersebut pesonanya menyejukkan mata. Belum banyak rumah yang didirikan di tempat itu, melainkan hanya sebuah pondok-pondok yang beratapkan jerami berjejer disepanjang jalan Bangsal. Pondok-pondok itulah yang digunakan para pekerja untuk membuat batu bata, kemudian dibakar di dapur khusus sehingga menjadi bat6u bata yang siap untuk dipasarkan. bukan hanya itu Bangsal pun masih rimbun akan rerumputan hijau, walaupun rumput-rumput tersebut liar tapi dapat menjadikan Bangsal itu indah karena kehijauannya, apalagi kita ketahui kebanyakan orang yang menyukai tumbuhan-tumbuhan hijau, seperti saya ini yang mempunyai mata minus.

Pondok Bangsal
Pondok Bangsal

Adapun juga jalan Bangsal ini masih banyak tanah dan bat-batuan kerikil yang menunjukan keasriannya Bangsal itu sendiri, di kanan-kiri jalan terdapat sungai (balong) yang dimana balong tersebut bekas para pekerja untuk mengambil tanah liat yang digunakan untuk pembuatan batu bata, karena sering dicangkul tanahnya menjadi berlubang hingga melebar. Balong sendiri dimanfaatkan para pekerja untuk membersihkan badan setelah bergelut dengan tanah liat.

Rumput-rumput hijau
Rumput-rumput hijau

walaupun suasana terik akan hangatnya matahari, membuat kita tak merasa lelah ataupun letih, ya itu semua karena pesona alamnya yang indah.Tak hanya itu Bangsal pun memiliki tanah yang cukup luas , yang mana disamping kiri-kanannya terdapat tumbuhan hijau cocok sekali jika dijadikan lapangan bola ataupun tempat piknik. Apalagi saat kita berada di datara tinggi, wah tampak jelas sekali pesona keindahannya Bangsal itu. Tak perlu mahal-mahal keluar kota untuk melihat pemandangan indah, di desa saja pesonanya sudah luar biasa.

Balong
Balong

Bagaimana, pesona alam yang indah bukan? akan lebih indah lagi jika kita sebagai manusia untuk menjaga dan melestarikannya, sangat mudah caranya cukup jaga kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan, jangan mencoret-coret apabila terdapat dinding, karena kita ketahui bahwasanya kebersihan adalah sebagian dari Iman. Apabila bersih maka tampak sedap dipandang mata. "Clearner was lovely, clean it refreshing, clean it spoil the eye. Nature will be happyif we spoiled him with preservation". Mulai sekarang monggo kita terapkan kebersihan untuk menjaga alam sekitar.

sangat jelas sekali bahwasanya Indonesia memang kaya. Kaya akan alamnya, akan kebudayaannya, dan sumber dayanya. Bangga sekali sudah menjadi bagian dari negara Indonesia tercinta ini.  Negara yang dipuja-puja bangsa, negara yang dicintai rakyatnya. Sabang sampai Marauke tumpah darah untuk Indonesia. INDONESIA KERENN!!

Artikel ini diikutkan dalam Kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI#2

Menulis Kabar Baik #2
Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG NUR FEBRY HAIRONI

Nur Febry Fitri Yanti, seorang wanita sederhana yang menginginkan kehidupan yang cemerlang. saat ini masih dalam proses untk menuju kesuksesan tersebut. masih berjuang mengenakan buku-buku aademik. un ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas