Kupas Tuntas Keindahan Kebun Teh Wonosari Lawang

Kupas Tuntas Keindahan Kebun Teh Wonosari Lawang
info gambar utama

Wisata di jawa timur memiliki panorama yang indah salah satunya kebun teh wonosari yang berada di lawang. Tepatnya di desa toyomarto kecamatan singosari, kabupaten malang kurang lebih 30km arah utara kota malang di kaki gunung arjuno.

suasana sejuk dan udara yang segar dapat dinikmati di kebun teh wonosari malang, tidak hanya pemandangan yang indah, tetapi disini kita juga di ajari cara pengolahan teh dari proses memetik daun teh, membawa hasil petikan daun teh untuk di timbang, sampai proses pelayuan yang membutuhkan waktu sekitar 12 sampai 18 jam. Setelah melalui proses pelayuan kemudian dicincang dengan mesin pencincang, daun di cincang 3 kali untuk mendapatkan hasil yang halus. Setelah itu di masukan alat rotatingmill untuk proses pemisahan antara batang, kotoran, atau butiran tanah yang ikut dalam proses ini. Setelah itu di oksidasi atau fermentasi dan di keringkan untuk segera di packing, merk yang di gunakan kebun teh wonosari malang adalah teh rolas.

NV. Cultur Maatschappy, perusahaan asing asal belanda yang membangun kebun ini pertama kali pada tahun 1875. Kebun ini di tanami teh dan kina pada tahun 1910 sampai dengan 1942, tetapi tahun 1942- 1945 kebun ini di tanami tanaman pangan seperti umbi, singkong dan lain sebagainya. Saat kemerdekaan indonesia tahun 1945 kebun ini di ambil alih oleh Negara dan di beri nama PPN atau pusat Perkebunan Negara. Tahun 1950 tanaman kina di ganti dengan teh, tahun 1957 sampai 1996 mengalami perubahaan manajemen. Setelah mengalami perubahan manajemen tahun 1996 kebun ini di kelola PTP Nusantara XII, dan di jadikan sebagai tempat pengelolaan teh hingga saat ini.

dari berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini