Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Indonesia Maha Segala

natalia oetama
natalia oetama
0 Komentar
Indonesia Maha Segala
Pulau Sikuai, Sumatera Barat © Natalia Oetama

Indonesia itu maha. mahaluas, mahaindah, mahaberagam, maha luarbiasa, mahamenarik. Mahaada.

Sewaktu kecil, bagi saya Indonesia hanya sebatas tulisan di buku-buku pelajaran. Lagu kebangsaan yang harus dinyanyikan setiap upacara bendera di sekolah. Kata yang terdengar hebat dan luar biasa. Kata yang harus ditulis dengan huruf kapital. Indonesia adalah sesuatu yang besar dan ada di luar ruang gerak saya. Ia mengawang seperti pesawat yang terbang tinggi dan melintas kadang-kadang lalu terlupa.

Keindahan bawah laut kakaban @Natalia Oetama
Keindahan bawah laut kakaban @Natalia Oetama

Kemudian waktu memberi saya kesempatan untuk menuntut ilmu jauh dari kampung halaman. Dari Padang menuju Bandung. Di kota bunga ini, mata dan pikiran saya tentang Indonesia jadi kian terbuka. Bahwa negeri ini ternyata sangat luas dan beragam. Ada bermacam suku bangsa, budaya dan bahasa daerah yang mampu dipersatukan oleh satu bahasa: Indonesia. Indonesia, perlahan tapi pasti mulai memperlihatkan jati dirinya kepada saya. Menghadirkan gelitik rasa untuk dapat mengenalnya lebih dalam.

Keindahan Lembayung di Pesisir Selatan @Natalia Oetama
Keindahan Lembayung di Pesisir Selatan @Natalia Oetama

Sebuah perjalanan bersama dengan dua orang teman di tahun 2008 mengubah total pandangan saya tentang Indonesia. Kami yang berlatar tiga agama dan dari kota yang berbeda, bertualang bersama menyusuri Lombok, pulau cantik dan ikonik di Nusa Tenggara Barat. Saya banyak merasakan pengalaman magis. Menyaksikan seorang teman menunaikan salat di pulau tak berpenghuni, berenang ditemani bintang-bintang, menikmati senja yang merekah, hingga jatuh cinta dengan danau air asin. Betapa luar biasanya keping-keping Indonesia yang saya lihat dan rasakan. Sejak saat itu, saya bertekad untuk mereguk intisari Indonesia. Sedikit demi sedikit.

Baca Juga
Menikmati Pagi di Waerebo @Natalia Oetama
Menikmati Pagi di Waerebo @Natalia Oetama

Saya semakin keranjingan dan mabuk dengan segala hal tentang Indonesia. Saya merasakannya hingga ke nadi-nadi terkecil. Keramahan penduduk waerebo yang selalu tersenyum, pemandangan matahari terbit dan tengelam yang membuatmu meneteskan air mata, berenang di tengah ubur-ubur tanpa segat di Kakaban, menyeruput kopi Takengon, pantai-pantai indah berpasir putih, bersantai dan bermain di danau dua rasa, kemegahan surga bawah laut Pulau Sabang, kain tenun dari berbagai daerah, makanan unik yang mengoyang lidah. Perlahan tapi pasti, perjalanan-perjalanan selanjutnya membuat saya semakin mengenal Indonesia lebih dekat dan lekat. Membuat saya semakin jatuh cinta dan tergila-gila pada Indonesia.

Tepian Danau Takengon, Aceh Tengah @ Natalia Oetama
Tepian Danau Takengon, Aceh Tengah @ Natalia Oetama

Indonesia itu keren, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Indonesia itu serba ada, yang tak cukup terlukiskan dengan untaian aksara. Maka mari kita bertualang dan sebarkan kabar baik dari seluruh pelosok Indonesia.

*Artikel ini diikutkan dalam Kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2


Sumber :  Dokumen asli penulis

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG NATALIA OETAMA

Pecinta senja, penikmat bintang, petualang hidup dan penyuka puisi. Senang dengan gerimis dan jejak bau yang ditinggali hujan. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara