Situ Bungur: Saat Pemuda Berkolaborasi dengan Pemerintah

Situ Bungur: Saat Pemuda Berkolaborasi dengan Pemerintah
info gambar utama

Sore itu terlihat belasan orang duduk di tepian danau, saya termasuk salah satunya. Semilir angin dan rimbunnya tajuk pohon di sisi barat danau memanjakan kami.

Danau ini mungkin tidaklah seberapa luas, hanya 3,2 hektar. Namun keberadaannya penting bagi masyarakat sekitar. Adalah Situ Bungur nama danau tersebut. Berlokasi di Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, danau ini merupakan satu dari sembilan danau yang masih dimiliki oleh masyarakat kota.

Sebelum tahun 2013, tidak banyak pengunjung dari luar Kelurahan Pondok Ranji yang datang dan menyempatkan diri berekreasi di sini. Hanya segelintir organisasi pecinta alam yang menjadikannya sebagai lokasi latihan atau sekadar berkemah di tepiannya.

Adalah Forum Silaturrahmi Under Child (FS UNC), sebuah organisasi kepemudaan yang berdomisili di Kelurahan Pondok Ranji yang akhirnya tergerak untuk melestarikan Situ Bungur. Fungsi Situ Bungur sebagai daerah tangkapan air membuatnya berperan signifikan dalam pencegahan banjir. Kejadian jebolnya Situ Gintung beberapa tahun sebelumnya menjadi pemantik bagi para pemuda ini untuk bergerak sebelum terlambat.

Salah satu program utamanya adalah Aksi Bersih Situ Bungur yang digelar sejak Februari 2013. Aksi yang dilaksanakan tiga minggu sekali itu dirasa belum cukup untuk menggerakkan lebih banyak sumber daya manusia dalam pelestarian ekosistem Situ Bungur. Akhirnya pada bulan Juni 2013, dihelatlah Pesta Rakyat Situ Bungur 2013. Pesta rakyat ini menjadi tonggak bagi peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pelestarian Situ Bungur. Hingga saat ini, genap telah empat kali pesta rakyat tersebut digelar.

Tentunya, kepedulian pemuda tanpa dukungan pemerintah dalam pelestarian Situ Bungur bagai seorang anak dipaksa memanggul sekarung beras, begitupun sebaliknya. Dukungan awal diterima dari Lurah Pondok Ranji berikut jajarannya. Hingga pada akhirnya, seluruh SKPD terkait dilibatkan dalam pelestarian Situ Bungur dan pengembangan danau ini menjadi salah satu objek wisata Kota Tangerang Selatan.

Taman dan infrastruktur pendukungnya dibangun untuk mempercantik Situ Bungur. Begitupun dengan perbaikan jalan dan perbaikan penerangan di sekitar danau.

Alhamdulillaah. Hanya itu yang dapat saya ucapkan. Perjuangan pemuda yang tergabung dalam FS UNC memang masih panjang dalam pelestarian Situ Bungur, namun kini tidak lagi seberat dulu.

So, datanglah ke Situ Bungur, dan lepaskan penat sejenak sembari menikmati semilir angin dan secangkir kopi panas.


Sumber : Pengalaman pribadi penulis selaku anggota FS UNC, penggagas Aksi Bersih Situ Bungur dan Ketua Pelaksana Pesta Rakyat Situ Bungur 2013.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini