Lupa Sandi?

Ombak Selancar Terpanjang di Dunia Ada di Riau

Asep Marzuki
Asep Marzuki
0 Komentar
Ombak Selancar Terpanjang di Dunia Ada di Riau

Ombak Terpanjang Untuk Berselancar di Dunia – Ombak Bono Kampar Riau

Jika Pulau Rote terkenal dengan jalur ombak laut terpanjang untuk berselancar di Indonesia, maka ketahui jugalah bahwa Indonesia juga memiliki jalur ombak sungai terpanjang untuk berselancar di dunia. Ombak Pulau Rote dapat dicapai melalui jalur Bandara Kupang dilanjutkan ke Pelabuhan Laut Tenau untuk menyeberang ke Ba’a di Pulau Rote.

Ketika kita hanya tahu bahwa berselancar hanya dapat dilakukan di pantai dengan ombak dengan skala yang cukup, maka ternyata sungai-sungai tertentu memiliki ombak yang dapat digunakan untuk berselancar.

Dulu, ombak sungai yang bagi masyarakat lokal dianggap punya kekuatan magis, sekarang ternyata dapat dikaji secara ilmiah kejadian fenomena alam ini. Dan ombak sungai ini menjadi daya tarik bagi wisatawan khususnya bagi para peselancar.

Baca Juga

Ombak Bono di Sungai Kampar – Fenomena Alam
Ternyata Indonesia, khususnya Provinsi Riau memiliki satu fenomena alam yang sangat menarik bagi banyak khalayak ramai, khususnya wisatawan yang hobi berselancar yaitu Ombak Bono Sungai Kampar. Sungai Kampar adalah salah satu diantara 4 sungai besar di Riau ini, memiliki keunikan tersendiri yaitu jika air laut pasang naik, maka Sungai Kampar akan berombak yang bergulung-gulung mulai dari muara sungai terus ke dalam sampai sejauh 68 kilometer.

wooow…. 68 kilometer

Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan luar dapat memulainya dari Kota Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau yang dilanjutkan dengan perjalanan darat selama 5 jam menuju Desa Teluk Meranti di Kabupaten Pelalawan.

Jika telah sampai di desa tepi Sungai Kampar tersebut, dapat menginap di beberapa losmen atau hotel kecil menunggu waktu berselancar yang tepat.

Ombak terpanjang untuk berselancar di Ombak Bono Sungai Kampar ini harus mengetahui jadwal yang tepat untuk merasakan jalur gulungan ombak yang memanjang dari beberapa kilometer setelah muara sungai sampai ke daerah sekitar Tanjung Subayang atau sekitar daerah Teluk Rimba Piatu.

Ombak Bono ini umumnya muncul di waktu siang hari sekitar jam 10.00 Waktu Indonesia Barat ketika malamnya terjadi bulan purnama apalagi jika terjadi hujan di hulu sungai. Walau ombak ini dapat terjadi pada saat lain, tapi umumnya skala ombaknya masih kecil.

Jika saatnya tepat, maka ombak terpanjang ini akan bergulung-gulung sejauh 40 kilometer lebih dari total panjang 68 kilometer atau 42 mil) dari bentuk sungai yang lurus dari muara sungai Kampar sampai daerah tikungan sekitar Teluk Rimba Piatu sebelum akhirnya mencapai Desa Teluk Meranti.

Baca selengkapnya di Ombak Terpanjang Untuk Berselancar di Dunia – Ombak Bono Kampar Riau.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ASEP MARZUKI

seorang pengangguran yang mencari penghasilan dari dunia internet ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie