Indonesia menyuguhkan beragam kuliner lezat dari makanan berat hingga kudapan yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Tidak jarang kemudian ragam kuliner tersebut memiliki keunikan nama dan cita rasanya masing-masing.

Kuliner Indonesia yang diolah berbahan dasar sayuran juga beragam, ada yang diolah menjadi sayur, ditumis atau dibuat lauk pendamping semacam kuluban. Umumnya kuliner ini hadir dalam hidangan di rumah makan atau masakan rumah. Ternyata di Indonesia kuliner semacam kuluban ini sangat digemari di beberapa daerah, lho.

Jika kuluban berasal dari Jepara, berikut ragam kuliner lauk pendamping sayur lain yang hanya ada di Indonesia.

Urap

Sudah pernah mencobanya? Pasti jika kamu tinggal di Jawa sudah tidak asing dengan kuliner satu ini. Hidangan salad berupa sayuran yang direbus dan dicampur dengan kelapa parut berbumbu ini lazim ditemukan pada masakan Indonesia.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
©youtube.com

Sayuran rebus yang digunakan dalam urap sendiri bisa beragam, di antaranya kangkung, daun singkong, daun pepaya muda, bayam, kacang panjang, kubis dan tauge. Kemudian semua sayuran tersebut dicampur dengan kelapa parut segar yang dibumbui dengan bawang merah dan putih, asam jawa, kencur, gula jawa, garam dan cabai merah untuk menambah rasa gurih.

Urap ini sendiri cocok dijadikan sebagai makanan pendamping nasi atau dimakan begitu saja. Biasanya dalam tradisi Jawa, kuliner ini sering dipakai untuk lauk pelengkap pada tumpeng atau nasi kuning. Konon jika ditelusuri asal muasalnya belum jelas, namun dipastikan kuliner ini berasal dari khazanah masakan Jawa.

Trancam

Kuliner dari Jawa Tengah satu ini hampir mirip dengan urap. Bedanya semua sayuran dalam trancam ini tidak dimasak atau direbus. Sayuran dalam trancam terdiri dari kacang panjang, tauge, daun kemangi, sawi putih yang dicampurkan dengan irisan daun jeruk dan kelapa parut yang dibumbui dengan bawang putih, kencur dan cabai merah yang sudah dihaluskan.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
©mytasteindonesia.com

Kuluban

Secara spesifik kuliner tradisional satu ini bisa dibilang saladnya orang Jepara. Sayuran kuluban sendiri juga hampir sama dengan urap, yang membedakannya adalah sayuran yang dipakainya.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
©wongjepara

Bedanya pada kuluban memakai nangka muda rebus dan tauge mentah dalam penyajiannya. Selain itu sayuran lain dalam kuliner kuluban juga turut disajikan, seperti kacang panjang rebus, petai mentah dan campuran kelapa berbumbu yang telah dikukus selama 30 menit.

Karedok

Ini dia kuliner favorit khas dari Sunda. Berbeda dengan kuliner sebelumnya, olahan sayuran dalam karedok ini memang dibuat dengan sayur-sayuran mentah yang dicampur dengan bumbu.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
©resepmasakanindonesianew

Sayuran dalam karedok antara lain tauge, kol, mentimun, kemangi, kacang panjang, selada dan terong dicampur dengan saus bumbu yang telah dihaluskan, berupa bawang putih, kencur, gula jawa, air asam, terasi, cabai merah, kacang tanah dan garam.

Karedok Sunda sangat digemari bukan karena rasanya saja yang segar, melainkan vitamin dan gizi yang terkandung di dalamnya.

Lawar

Kuliner sayur ini dapat dengan mudah dijumpai di rumah makan atau makanan sehari-hari di Bali. Dikenal dengan sebutan lawar Bali, kuliner berupa campuran sayuran dan daging cincang ini sangat lezat disantap sebagai makanan pendamping.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
©foodsweety.com

Berbeda dengan sebelumnya, lawar memakai daging yang dicampurkan pada sayuran untuk menambah rasa yang gurih. Bahan-bahan yang terdiri dari sayuran, daging dan kelapa berbumbu ini penamaannya juga dapat bervariasi.

Misalnya bahan yang dipakai dalam lawar menggunakan sayur nangka, maka disebut lawar nangka. Bila mencampurkan daging babi, maka disebutnya juga lawar babi. Penamaan lawar juga dapat dilihat dari warna yang dihasilkan. Apabila lawar yang dimasak berwarna merah maka disebur lawar merah.

Garu

Kuliner dari Ternate ini sederhana dan menyehatkan. Biasanya kuliner yang terdiri dari berbagai macam sayuran tersebut dimasak bersama-sama dengan rempah-rempah pilihan khas Ternate.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
©indonesiakaya.com

Bisa dibilang sayur Garu menjadi saladnya orang Ternate. Terdiri dari jantung pisang, daun pepaya dan daun ubi yang dimasak atau ditumis bersama bumbu yang kadang dicampur dengan ikan teri untuk menambah rasa gurih dan asin.

Selain menyantap kenikmatan kuliner khas Indonesia, beragam lauk pendamping berbahan dasar sayur ini mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Kuliner sehat Indonesia lainnya? Masih banyak!


*

GNFI

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu