Saraswati ialah satu dari tiga dewi utama Hindu. Ia merupakan dewi ilmu pengetahuan, seni dan kebijaksanaan. Dewi Saraswati digambarkan sebagai sosok cantik berkulit halus bersih. Ini menjadi lambang keindahan dalam diri yang muncul dari penguasaan ilmu pengetahuan.

Dalam kehidupan masyarakat Jawa, kecantikan sang dewi seringkali dikaitkan dengan filosofi rupasampat wahyabiantara. Rupasampat wahyabiantara bermakna kecantikan luar dan dalam. Dewi Saraswati memiliki kecantikan lahiriah dengan kulit halusnya, serta kecantikan batiniah akan ilmu pengetahuan yang dikuasainya.

Sejumlah langkah dilakukan perempuan Jawa untuk menjadi cantik. Dimulai dengan melakukan latihan rohani seperti meditasi dan puasa, serta berbagai pengetahuan spiritual agar dekat dengan Yang Maha Kuasa. Dilanjutkan dengan perawatan tubuh untuk memelihara kecantikan. Jenis perawatan yang dilakukan adalah menggunakan lulur di seluruh tubuh, bedak dingin di wajah, pijat, ratus, hingga meminum jamu.

Perempuan Jawa jaman dahulu menyiapkan sendiri semua bahan kecantikannya. Dari menumbuk beras untuk dijadikan lulur, menjemur tepung untuk mengawetkan bedak dingin, merebus air sirih untuk ratus, hingga memarut sendiri kunyit dan kencur untuk diminum. Perempuan jaman sekarang mungkin tak lagi memiliki pengetahun tersebut. Jikapun tahu, ketidaktersediaan waktu luang seringkali menjadi alasan untuk tidak membuat sendiri rangkaian kecantikan tersebut.

Namun jangan khawatir, konsep rupasampat wahyabiantara ini telah diterjemahkan produsen kosmetik Indonesia menjadi berbagai produk siap pakai. Bahan baku tradisional yang dikemas dalam bentuk praktis ini memudahkan upaya perempuan Indonesia untuk merawat kecantikan tubuhnya. Salah satunya adalah PT Martina Berto yang didirikan oleh Martha Tilaar.

Terinspirasi dari kekayaan nusantara, Martha Tilaar ciptakan rangkaian produk perawatan kecantikan. Meski merupakan warisan tradisional, tiap produknya diproses dengan pengetahuan dan teknologi modern dan memenuhi standar dunia dalam pembuatan kosmetik. Martha Tilaar memiliki seluruh jenis perawatan yang disebutkan di atas, lengkap dengan layanan perawatan tubuh seperti pijat dan terapi.

Menjadikan perempuan Indonesia cantik alami luar dan dalam, dengan nuansa ketimuran merupakan cita-cita Martha Tilaar. Mari menjadi cantik, luar dan dalam ala Dewi Saraswati!

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu