Lupa Sandi?

10 Sepeda Motor Buatan Indonesia yang Diminati Mancanegara

Adriani Zulivan
Adriani Zulivan
0 Komentar
10 Sepeda Motor Buatan Indonesia yang Diminati Mancanegara

Jumlah penjualan kendaraan roda dua buatan Indonesia di mancanegara, terus alami peningkatan. Angka tersebut menanjak hingga 8,6 persen sejak Maret 2017. Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) mencatat, 35.152 unit sepeda motor buatan lokal dilepas di pasar ekspor selama April 2017 lalu.

21.068 sepeda motor yang diekspor merupakan merk Yamaha, yang menduduki peringkat penjualan tertinggi. Honda menyusul dengan angka 10.373 unit.  Model favorit adalah skutek, atau skuter matik. NMax dari Yamaha dan Beat buatan Honda merupakan model yang paling banyak diburu.

Berikut daftar sepeda motor buatan Indonesia yang paling diminati mancanegara, selama periode jual Januari hingga April 2017 seperti dilansir Liputan6.com:

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Yamaha NMax. © Yamaha

 1. Yamaha NMax: 34.480 unit

Baca Juga

Diluncurkan pada Januari 2015, produk ini langsung merebut hati publik internasional. NMax merupakan produk global kedua yang diciptakan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) setelah Yamaha YZF R25. Fitur pengoptimal bahan bakar (blue cores), rem anti selip (anti-lock brake system) dan pengoptimal kerja mesin (variable valve actuation ) menjadi keunggulan yang membuat tipe ini menjadi yang paling diminati di kelasnya. Skutek premium kelas 150 cc ini, dibanderol pada kisaran Rp 24 - 27 juta.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Honda Beat. © Honda

2. Honda Beat: 4.925 unit

Teknologi untuk kurangi gesekan sehingga mesin lebih halus (enhanced smart power ) yang diklaim hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, menjadi keunggulan Honda Beat. Desain membentuk V di bagian depan kesankan tampilan luwes karna lebih ramping. Teknologi  pemaksimalan tenaga mesin (fuel injection) dari Honda tersebut memang menjadi andalan dalam varian motor terbarunya. Kisaran harga tergantung tipe, sebesar Rp 14 - 15 juta.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Honda Vario. © Honda

3. Honda Vario: 9.744 unit

Bermesin 125 cc, Honda Vario mampu hasilkan emisi gas buang yang rendah. Lekuk tajam pada desain membuatnya tampil mewah. Harga tergantung jenis, dengan kisaran Rp 17 - 18 juta.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Yamaha R25. © Yamaha

4. Yamaha R25: 9.400 unit

Layaknya MotoGP, desain pada sayap (full fairing) tampak elegan. Berbagai fitur canggih lengkapi spesifikasi dari mesin berkapasitas 250 cc ini. Produk dengan desain motor balap ini dihargai Rp 53 juta.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Yamaha All New Soul GT. © Yamaha

5. Yamaha All New Soul GT: 8.000 unit

Teknologi pengoptimalan bahan bakar yang ditanam pada sistemnya, berguna untuk mengirit bensin. Berfokus pada pengendara pria, skutek papan atas ini dijual dengan harga Rp 16 juta.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Yamaha MX King.© Yamaha

6. Yamaha MX King: 9.200 unit

Produk yang diluncurkan pada 2015 ini, menyasar segmentasi bebek sport. Perbedaan dengan motor bebek biasa adalah spesifikasi desain yang modern. Dengan kelas 150 cc, harga jualnya sekitar Rp 18 - 19 juta tergantung tipe. 

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Suzuki Address. © Suzuki

7. Suzuki Address: 6.332 unit

Desain terlihat sangat berbeda dengan generasi pendahulu Suzuki, sebab bentuk lebih besar meski masih terkesan ramping. Ini merupakan skutik generasi kedua Suzuki, dengan pendahulu adalah Suzuki Next F1. Mesin berkapasitas 113 cc ini dibanderol harga Rp 15 juta.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Honda Sonic. © Honda

8. Honda Sonic: 5.952 unit

Mesin DOHC 4-Valve dengan kubikasi sebesar 149,16, tertanam pada produk ini. Teknologi andalan berupa pengoptimalan kerja mesin (programmed fuel injection) yang ada padanya, mampu tingkatkan efisiensi pembakaran. Desain motor bebek sport ini sangat futuristik, dengan adanya undakan yang memisahkan bagian badan dan penutup mesin. Dengan  kapasitas mesin 150 cc, motor ini dilepas di pasaran dengan harga Rp 21  juta.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Yamaha MT-25. © Yamaha

9. Yamaha MT-25:  4.880 unit

Motor berdesain balap yang masuk kelas menengah jenis tanpa sayap (naked bike) ini, diluncurkan pada Juni 2015. Ini merupakan varian menengah dari Yamaha MT Series, selain MT-09 dan MT-07. Dengan basis mesin yang hampir sama dengan R25, MT-25 ini memiliki performa tangguh dan tarikan mantap. Mesin di kelas 250 cc ini dibanderol harga Rp 46 juta.

9. Yamaha MT-25: 4.880 unit

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
TVS Neo XR. © TVS

10. TVS Neo: 3.355 unit

Berbagai penghargaan pernah diraih motor ini, diantaranya adalah Otomotif Award Best Price (2008), Otomotif Award Best Feature and Technology (2009), Otomotif Award Best Feature and Technology (2010), serta Otomotif Award Best Value, Best Feature and Technology (2011). Jenis motor bebek ini miliki desain elegan yang membuatnya tampil modis. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah penambahan fasilitas pengisi daya ponsel bernama i-Charge. Beragam tipe TVS Neo dihargai Rp 11 - 12 juta.

Pilih BanggaBangga48%
Pilih SedihSedih4%
Pilih SenangSenang8%
Pilih Tak PeduliTak Peduli24%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi8%
Pilih TerpukauTerpukau8%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ADRIANI ZULIVAN

A big fan of Indonesian heritage--from culture to nature, tangible to intangible. Reading and writing as hobby, as well as dedicated work. Interested in urban discussion, disability rights, disaster m ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara