Yuk, Dukung Anak Bangsa Menangkan Schweighofer Prize 2017!

Yuk, Dukung Anak Bangsa Menangkan Schweighofer Prize 2017!
info gambar utama

Kabar menggembirakan datang dari ranah ilmu pengetahuan. Seorang anak bangsa bernama Achmad Solikhin terpilih sebagai salah satu finalis dalam kompetisi Schweighofer 2017, kompetisi tingkat dunia dalam bidang inovasi kehutanan. Bersama lima orang finalis lainnya yang berasal dari Chile, Kanada, Slovenia, Brazil, dan Hungaria, Solikhin menjadi satu – satunya wakil Asia yang bertengger di posisi 6 besar mengalahkan 36 peserta lainnya dari seluruh dunia. Solikhin menerima undangan untuk mewakilidua Institusi, yakni IPB dan Shizouka University, Jepang.

Dibawah bimbingan Prof. Yusuf Sudo Hadi, Prof. Muh. Yusram Massijaya, dan Dr. Siti Nikmatin, Solikhin membawa hasil penelitiannya mengenai inovasi pelapisan kayu dengan teknologi nano untuk memperkuat kayu cepat tumbuh di hutan. Riset yang menakjubkan tersebut berhasil membuat para juri terkagum – kagum. Dalam keterangannya yang dilansir netralnews.com, Solikhin menjelaskan bahwa riset yang diangkatnya adalah mengenai kayu superhidrofobik, seperti lotus dan talas. “Kekuatan kayu ini akan ditingkatkan dengan impregnasi menggunakan material nano,” ujarnya.

Solikhin bersama 6 besar finalis Schweighofer Prize 2017 (schweighofer-prize.org)
info gambar

Solikhin saat ini terdaftar sebagai peserta Program Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) batch I itu, melakukan riset tersebut ketika mengikuti Program Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) di Shizuoka University Jepang pada November 2016 hingga Februari 2017. Meski terdaftar sebagai perwakilan Jepang, Solikhin mengaku tetap bangga menjadi anak Indonesia yang berhasil meraih tempat dalam enam besar tersebut.

Scweighofer Prize 2017 merupakan ajang penghargaan untuk inovator dalam bidang kehutanan di Eropa ini akan diumumkan pada 20 Juni 2017 mendatang. Menariknya, pemenang akan ditentukan berdsarkan vote yang dilakukan oleh warganet dunia. Melihat potensi tersebut, sudah tentu kita patut menyuarakan dukungan kita pada putra terbaik bangsa agar bisa meraih penghargaan tersebut. Dengan melakukan vote secara online, satu langkah menuju penghargaan akan semakin dekat. Berikut langkah – langkah untuk melakukan voting online :

  1. Klik link ini: https://www.schweighofer-prize.org/student_award
  2. Pilih gambar Achmad Solikhin dan klik vote.
  3. Isikan dengan Nama, Email, dan anti-spam kode.
  4. Klik I've read and understood the Term and Conditions and fully accept them.
  5. Kemudian send your vote note.
  6. Viralkan cara dukungan ini dan ajak semua warga Indonesia yang kita kenal untuk melakukannya.
(schweighofer-prize.org)
info gambar

Ayo, suarakan dukungan untuk Achmad Solikhin!


Sumber: sumberdaya.ristekdikti.go.id || schweighofer-prize.org

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini