Lupa Sandi?

Takjil Unik Ramadhan yang Hanya Ada di Kampung Kauman Yogyakarta

Thomas Benmetan
Thomas Benmetan
0 Komentar
Takjil Unik Ramadhan yang Hanya Ada di  Kampung Kauman Yogyakarta

Mencari takjil pada saat ngabuburit atau menanti waktu berbuka puasa merupakan hal yang menyenangkan sekaligus menjadi sebuah sensasi tersendiri. Beragam panganan yang dijajakan dengan keunikan dan kekhasan tersendiri, pula cerita – cerita unik dari setiap jajanan tersebut menjadi sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan tersebut. Di pasar – pasar tradisional hingga jajanan di kaki lima, berbagai jenis takjil tersedia, siap memuaskan pandangan mata sekaligus perut.

Di Pasar Ramadan Kauman, Yogyakarta, berbagai pedagang menjajakan aneka makanan tradisional mulai dari kue, risol, klepon, apem, dan berbagai jajanan lainnya. Pula sayur dan lauk dengan harga yang sangat amat bersahabat, serta tidak lupa jajanan – jajanan unik yang hanya ada pada saat Bulan Ramadhan. Tidak sembarang dijual di berbagai tempat, jajanan ini hanya tersedia di Pasar Kauman, dan hanya muncul pada saat bulan puasa. Kedua jajanan unik tersebut adalah Kicak dan Kacang Umbon.

“Itu makanan khas Kampung Kauman yang hanya dijual pada bulan puasa saja,” kata Edi Purnama, Koordinator Pasar Ramadhan Kauman seperti dilansir kompas.com.

Kicak sendiri adalah panganan yang terbuat dari ketan yang dipadukan dengan parutan kelapa muda. Diatasnya terdapat topping berupa potongan buah nangka dan daun pandan. Soal rasa, jangan ditanya. Warna putih menggoda serta aroma nangka dan daun pandan menjadi salah satu pembangkit selera begitu mencicipi jajanan ini. Tekstur ketanyang lembut dengan ras amanis berpadu dengan gurih, seporsi kicak dihargai Rp.2.500 hingga Rp. 3.000 tergantung dari ukurannya.

Baca Juga
tulisan-ringan.com
tulisan-ringan.com

Selain Kicak, terdapat Kacang Umbon. Panganan yang berasal dari kacang tanah ini tergolong sesuatu yang susah untuk diolah. Jika salah dalam proses pengolahan, tekstur kacang akan menjadi keras dan tidak enak untuk disantap. Mungkin, inilah yang menyebabkan jumlah pedagang Kacang Kumbon berkurang.

"Makanan itu memang cuman muncul tiap Ramadhan saja, cuma yang bisa buat sudah jarang. Kacang tanah itu itu diolah sampai lunak, kemudian dibungkus pakai daun," ucap Edi.

Selain itu, terdapat pula berbagai minuman lainnya yang menjadi pelepas dahaga, mulai dari wedang sirsak hingga setup jambu, yang konon katanya sudah ada sejak tahun 1990-an. Kedua minuman tersebut merupakan jenis minuman yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan, sebab bahan – bahan yang digunakan tergolong sebagai bahan – bahan herbal dengan sejuta khasiat. Di Pasar Kauman Yogyakarta, wisata kuliner dikala buka puasa bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menjadi panganan saat bersantap buka puasa.

Sumber:kompas.com

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG THOMAS BENMETAN

A Fulltime life-learner who lost himself into book, poem, Adventure, travelling, hiking, and social working. Graduated from Faculty of Communication Science, Petra Christian University. Currently pur ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas