Lupa Sandi?

Mudik Asyik dengan "Ayo Mudik"

Adriani Zulivan
Adriani Zulivan
0 Komentar
Mudik Asyik dengan

Idul Fitri di Indonesia memang berbeda dibanding perayaan hari raya di negara lain di dunia. Selain ketupat dan hidangan khas lebaran, bagi sebagian orang peringatan Idul Fitri tak akan lengkap bila tidak disertai dengan tradisi mudik.

Mudik berasal dari Bahasa Jawa yang merupakan akronim dari mulih dilik atau pulang sebentar. Bagi perantau yang meninggalkan daerah asalnya, momen lebaran merupakan waktu yang sangat ditunggu untuk kembali ke kampung halaman. Berkumpul dengan sanak keluarga dan handai taulan menjadi tujuan para pemudik.

Untuk memperlancar agenda mudik lebaran, tahun ini tiga kementerian terkait meluncurkan aplikasi Ayo Mudik. Bersamaan dengan “Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2017”, Menteri Komunikasi dan Informasi, Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum beseerta kepala lembaga terkait lainnya, Kamis (15/06) lalu mengenalkan Ayo Mudik pada khalayak.

Ayo Mudik merupakan sistem terpadu yang menyediakan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas di sepanjang jalur perjalanan, serta titik kemacetan. "Ada pula informasi cuaca dari BMKG, Kepolisian, lokasi SPBU dan ATM,” terang Menkominfo Rudiantara.

Baca Juga

Rudiantara mengakui bahwa aplikasi sejenis sudah banyak beredar, namun ia memastikan bahwa Ayo Mudik menjadi satu-satunya aplikasi terpadu. Aplikasi ini menghimpun berbagai informasi sekaligus, dengan melibatkan kerjasama antara tiga kementerian di atas, beserta Kementerian Kesehatan, BMKG, Kepolisian dan lembaga terkait lainnya.

Sistem ini dibangun atas kerjasama Kudo Digital Solutions, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi perangkat lunak. Sistem ini dibangun selama satu bulan dan telah diujicoba di jalur mudik utara dan selatan.

"Tingkat akurasi sistem ini cukup bagus," terang Rudiantara. 

Pengguna Ayo Mudik akan dipandu untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Secara umum, teknologi ini mirip dengan aplikasi Google Maps dan Waze yang telah ada.  Pengguna Android dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Playstore

Ayo Mudik diharap mamu tingkatkan keamanan, kenyamanan dan keselamatan para pemudik. Ini sebagai pelengkap upaya pemerintah untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik, disamping pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan.

Penulis: Pandu Hidayat

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau50%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ADRIANI ZULIVAN

A big fan of Indonesian heritage--from culture to nature, tangible to intangible. Reading and writing as hobby, as well as dedicated work. Interested in urban discussion, disability rights, disaster m ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata