Mudik Asyik dengan "Ayo Mudik"

Mudik Asyik dengan "Ayo Mudik"
info gambar utama

Idul Fitri di Indonesia memang berbeda dibanding perayaan hari raya di negara lain di dunia. Selain ketupat dan hidangan khas lebaran, bagi sebagian orang peringatan Idul Fitri tak akan lengkap bila tidak disertai dengan tradisi mudik.

Mudik berasal dari Bahasa Jawa yang merupakan akronim dari mulih dilik atau pulang sebentar. Bagi perantau yang meninggalkan daerah asalnya, momen lebaran merupakan waktu yang sangat ditunggu untuk kembali ke kampung halaman. Berkumpul dengan sanak keluarga dan handai taulan menjadi tujuan para pemudik.

Untuk memperlancar agenda mudik lebaran, tahun ini tiga kementerian terkait meluncurkan aplikasi Ayo Mudik. Bersamaan dengan “Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2017”, Menteri Komunikasi dan Informasi, Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum beseerta kepala lembaga terkait lainnya, Kamis (15/06) lalu mengenalkan Ayo Mudik pada khalayak.

Ayo Mudik merupakan sistem terpadu yang menyediakan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas di sepanjang jalur perjalanan, serta titik kemacetan. "Ada pula informasi cuaca dari BMKG, Kepolisian, lokasi SPBU dan ATM,” terang Menkominfo Rudiantara.

Rudiantara mengakui bahwa aplikasi sejenis sudah banyak beredar, namun ia memastikan bahwa Ayo Mudik menjadi satu-satunya aplikasi terpadu. Aplikasi ini menghimpun berbagai informasi sekaligus, dengan melibatkan kerjasama antara tiga kementerian di atas, beserta Kementerian Kesehatan, BMKG, Kepolisian dan lembaga terkait lainnya.

Sistem ini dibangun atas kerjasama Kudo Digital Solutions, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi perangkat lunak. Sistem ini dibangun selama satu bulan dan telah diujicoba di jalur mudik utara dan selatan.

"Tingkat akurasi sistem ini cukup bagus," terang Rudiantara.

Pengguna Ayo Mudik akan dipandu untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Secara umum, teknologi ini mirip dengan aplikasi Google Maps dan Waze yang telah ada. Pengguna Android dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Playstore

Ayo Mudik diharap mamu tingkatkan keamanan, kenyamanan dan keselamatan para pemudik. Ini sebagai pelengkap upaya pemerintah untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik, disamping pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan.

Penulis: Pandu Hidayat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini