Forum Ekonomi Dunia baru saja merilis laporan Travel and Tourism Competitiveness Report yang memuat daftar negara tujuan wisata dengan harga paling kompetitif di dunia. Indonesia berada di peringkat kelima sebagai destinasi dengan harga paling kompetitif.

Laporan yang dirilis setiap dua tahun sekali tersebut mengukur sektor pariwisata dari 136 negara menggunakan sejumlah indeks, seperti keselamatan dan keamanan, sumber daya alam, keindahan budaya, kesehatan, infrastruktur, dan harga.

“Laporan ini memberikan landasan bagi dialog multistakeholder untuk mencapai industri pariwasata yang kuat dan berkelanjutan, yang dapat berkontribusi secara efektif terhadap pembangunan ekonomi internasional,” menurut Forum Ekonomi Dunia yang merilis laporan tersebut.

Borobudur. Foto: Kompas
Borobudur. Foto: Kompas

Indonesia menjadi negara tujuan wisata yang telah terkenal di kalangan wisatawan dunia dengan reputasi wisata murah, lengkap dengan alam yang indah dan budaya yang unik. Nilai keamanan, keselamatan, dan infrastruktur juga menjadi nilai plus bagi Indonesia, 

“Dengan USD yang sama, bisa mendapatkan fasilitas dan servis yang lebih banyak. Ini salah satu poin yang menarik bagi wisman,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya pada Berita Satu.

Tak heran banyak wisatawan dari negara tetangga makin melirik Indonesia, salah satunya dari Filipina.

"Untuk belanja juga lebih murah Indonesia daripada negara lain. Hanya soal tiket pesawat menuju Indonesia saja yang masih mahal karena jumlah penerbangan masih sangat terbatas," kata Nema Granito Ocon, salah satu buyers dari Adam's Express Travel Corp Filipina dalam acara yang digelar Kementrian Indonesia bekerjasama dengan Kedutaan Besar RI di Manila.

Danau Kelimutu. Foto: TripAdvisor
Danau Kelimutu. Foto: TripAdvisor

Menurutnya, selama ini masyarakat di Filipina mengenal Indonesia karena adanya Bali dan Jakarta. Untuk berlibur, biasanya akan memilih tujuan ke Bali karena ada penerbangan langsung. "Untuk berlibur masih memilih Bali. Sedangkan ke Jakarta untuk urusan bisnis. Namun ada juga yang minta paket Jakarta-Bandung untuk wisata belanja," jelasnya.

Ke depannya Kementrian Pariwisata mempromosikan berbagai destinasi lain di Indonesia, seperti Pulai Komodo, Labuan Bajo, Danau Kalimutu, dan Timor Overland.

Indonesia berada di posisi kelima tujuan wisata dengan harga paling kompetitif di dunia setelah Iran, Mesir, Malaysia, dan Algeria.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu