Setelah menghiasi tempat-tempat paling hits di luar negeri, seperti London, New York, Paris, Amsterdam, Melbourne, Shanghai, kini giliran persimpangan Shibuya, Jepang, yang dihiasi logo "Wonderul Indonesia".

Sebagai salah satu persimpangan paling sibuk di dunia. Setiap harinya, sekitar 673.428 sampai 694.911 orang lalu-lalang dan menyeberangi jalan dari empat sudut yang berbeda, dengan lebih dari 1000 orang menyebrang dalam sekali waktu. Tak heran, persimpangan Shibuya jadi ikon metropolitan Jepang.

“Jepang kembali menjadi sasaran promosi karena di sana memasuki masa liburan sekolah periode 21 Juli-31 Agustus. Selain itu juga libur bagi semua orang Jepang dari 11-20 Agustus nanti, ” ujar Deputi Pemasaran Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana pada Liputan 6.

Promosi Wonderful Indonesia di New York. Image: Kitanesia.id
Promosi Wonderful Indonesia di New York. Image: Kitanesia.id

Jepang menjadi sasaran promosi wisata Indonesia kali ini karena negara Sakura tersebut menyumbang wisatawan mancanegara terbesar ke-5 di tahun 2016.

Pitana menambahkan, persimpangan Shibuya dinilai merupakan tempat strategis untuk mempromosikan keindahan Indonesia agar warga Jepang dan asing lainnya tertarik berkunjung ke Indoneisia.

“Ini [persimpangan Shibuya] juga titik poin wisatawan di dunia yang berkunjung ke Jepang. Juga tempat hilir mudik masyarakat Jepang dan di sana banyak terpampang produk-produk kelas dunia," kata Pitana.

Wonderful Indonesia di taksi ikonik di London. Image: Republika
Wonderful Indonesia di taksi ikonik di London. Image: Republika

Untuk member kesan elegan, indah, dan bersaing dengan iklan destinasi dan produk kelas dunia lain, promosi "Wonderful Indonesia" di Jepang disajikan dengan menggunakan vertical long board dengan ukuran 4 m x 25 m.

Dari mulai Banyuwangi, Candi Borobudur dan pemandangan bawah laut Nusa Penida, Bali, semua ditampilkan di Shibuya. Ada yang di-wrapping dengan nuansa culture Borobudur, Prambanan-Joglosemar, Surfing di Banyuwangi. Ada juga yang di-wrapping panorama nature kelas dunia di Nusa Penida, Bali.

Selain di Shibuya, logo "Wonderful Indonesia" juga menghiasi Bandara Haneda dan Staisun Shinagawa sejak Mei sampai Juli 2017. 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu