Pencetus Green Metric Untuk Kampus Sedunia Raih Gelar Kehormatan dari Kazakhstan

Pencetus Green Metric Untuk Kampus Sedunia Raih Gelar Kehormatan dari Kazakhstan
info gambar utama

Tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata sistem pemeringkatan tingkat ramah lingkungan sebuah kampus di dunia adalah hasil rancangan seorang guru besar dari Indonesia. Sosok yang merancang sistem bernama UI Green Matric tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, MM, MSc yang merupakan Guru Besar Teknologi Informasi dari Universitas Indonesia (UI). Berkat dedikasnya dalam dunia pendidikan, pada 17 Juni yang lalu, beliau mendapatkan gelar Profesor Kehormatan dengan rekognisi "Outstanding contribution to the excellence in Higher Education" dari Kazakh National Agrarian University (KAZNU), Kazakhstan.

Berdasarkan rilis yang diterima GNFI, penganugerahan gelar tersebut diberikan langsung oleh Rektor KAZNU yakni Profesor Tlektes Yesparov. Penghargaan tersebut diberikan atas peran Prof. Riri dalam penerapan dan pengembangan teknologi informasi untuk pendidikan tinggi di tingkat dunia. Salah satunya adalah dengan menciptakan sistem pemeringkatan tingkat ramah lingkungan untuk kampus-kampus di dunia bernama UI GreenMatric sejak tahun 2010.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Dari tahun ke tahun selalu terjadi peningkatan peserta perguruan tinggi untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau ini. Tercatat jumlah peserta UI GreenMetric Ranking of World Universities pada tahun 2016 telah mencapai 516 dari 74 negara.

Selain mengembangkan sistem UI GreenMetric, Prof. Riri juga berkecimpung dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemajuan dan pancapaian standar kesempurnaan (excellence) yang lebih baik dalam pengelolaan Pendidikan Tinggi. Beliau banyak berinteraksi dengan para 'rankologist' (ahli pemeringkatan) untuk memajukan universitas di Indonesia dan dunia secara akademik, pembelajaran, riset, pengabdian masyarakat dan infrastruktur dan gerakan kampus hijau.

Atas gelar kehormatan yang diberikan pada beliau, Prof. Riri Fitri Sari mengatakan, "Saya bangga dan berbahagia atas gelar Guru Besar Kehormatan dari universitas nasional pertanian Kazakhstan ini, yang mempertimbangkan hasil kerja keras untuk membangun dan mengkomunikasikan kondisi ideal kampus berkelanjutan yang diidamkam."

Sosok yang juga pernah memegang rekor sebagai guru besar perempuan termuda di UI ini juga mengatakan bahwa beliau merasa terhormat menerima gelar tersebut dan pencapaian tersebut didedikasikan pada seluruh warga UI yang berusaha mewujudkan Sustainable Campus.

Diharapkan program yang telah dirancang oleh Riri Fitri Sari melalui UI GreenMetric ini mampu melibatkan Perguruan Tinggi se-dunia untuk mengambil bagian pada upaya preventif dan kuratif dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim.

Sementara itu, sebelumnya Kaznau juga telah memberikan penghargaan Profesor Kehormatan kepada para peneliti dan akademisi terkemuka) dunia, dan beberapa Rektor universitas seperti Istanbul, Azerbaijan, Australia, Malaysia dan juga President International Ranking Expert Group (IREG) dalam beberapa tahun terakhir.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini