Animator Indonesia Buat Trailer 'Star Wars' dengan Komputer Apple Keluaran 1984!

Animator Indonesia Buat Trailer 'Star Wars' dengan Komputer Apple Keluaran 1984!
info gambar utama

Ilustrator dan animator Indonesia Wahyu Ichwandardi sedang jadi perbincangan dunia akan karyanya, yang membuat ulang trailer “Star Wars: The Last Jedi” menggunakan komputer Apple IIc super jadul keluaran tahun 1984. Hasilnya trailer film modern dengan rasa retro!

Wahyu, yang menetap di New York, Amerika Serikat, ‘menggambar’ trailer tersebut dengan tangan menggunakan KoalaPad keluaran 80an, dan bitmap paint program, Dazzle Draw dari era yang sama.

Di era 80an, setup tersebut dianggap sebagai “sistem grafis komputer paling lengkap”, namun jelas dari proses berat yang harus dilalui oleh Wahyu untuk membuat trailer ini, sejauh mana teknologi kita telah berkembang.

Sang animator harus memegang lembaran plastik di atas layar komputer untuk referensi, dan menelusuri setiap frame dengan hati-hati.

Untuk membuat trailer kurang dari dua menit ini, prosesnya memakan waktu sampai tiga minggu. Datanya menghasilkan 288 gambar dengan total memori 6MB data yang disimpan dalam 48 floppy disk atau disket (dengan memori 140 kb setiap disket). Masih ingat disket?

Foto: Wahyu Ichwandardi
info gambar

Setelah dibagikan di Twitternya, sampai artikel ini dibuat, video tersebut telah di-retweet sebanyak 1.299 dan disukai sebanyak 1.604 orang sejak 26 Juni 2017. Sementara di Youtube, videonya telah ditonton sebanyak 5,149.

Karyanya juga diliput oleh berbagai media internasional, termasuk Tech Cruch, CNET, Mashable, hingga Business Insider.

— Pinot (@pinotski) June 26, 2017

Bahkan Mark Hamill, actor yang memerankan Luke Skywalker, juga memberi apresiasi!

Tonton juga di cerita di balik pembuatan video tersebut di sini:

Terus berkarya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini