Lupa Sandi?

Yogyakarta dan Masa Kecil Barack Obama

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Yogyakarta dan Masa Kecil Barack Obama

Mantan presiden AS, Barack Obama sedang berada di Indonesia dalam rangkaian liburannya di seluruh dunia. Tentu Indonesia bukanlah hal baru baginya. Setelah menikmati keindahan Bali, Yogyakartalah yang dituju. Baginya,  Yogyakarta bukanlah tempat yang asing. Sewaktu kecil, Obama diketahui kerap datang dan menghabiskan waktunya di rumah paman tirinya di Bulaksumur, Blok D7, Caturtunggal, Depok, Sleman, setiap libur panjang.

"Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama sangat paham sekali dengan rumah di Bulaksumur Blok D7," ujar salah satu pendiri sekaligus pengelola Museum UGM, Widodo, seperti dilaporkan Kompas.com. 

Rumah di Bulaksumur Blok D7 yang sering di kunjungi Barack Obama kecil untuk menghabiskan waktu liburanya(KOMPAS.com / Wijaya Kusuma)
Rumah di Bulaksumur Blok D7 yang sering di kunjungi Barack Obama kecil untuk menghabiskan waktu liburanya(KOMPAS.com / Wijaya Kusuma)

Widodo bercerita, rumah di Bulaksumur yang berada di Kompleks UGM ini dahulu ditinggali oleh Prof Iman Sutiknjo, Dekan Fisipol UGM. Istri Iman adalah kakak dari Dr Soetoro yang tidak lain adalah ayah tiri Obama.

"Dr Soetoro mempunyai istri warga Amerika, Ann Dunham (ibu Obama). Ann Dunham sendiri saat itu menjadi staf peneliti di Pusat Studi Kependudukan UGM," ungkapnya.

Baca Juga

Saat Obama masih kecil dan sekolah di SD Menteng, Jakarta, dia selalu datang berkunjung ke Bulaksumur setiap libur panjang. Obama bersama ibu dan ayah tirinya berangkat dari Jakarta menuju Yogyakarta dengan menggunakan kereta api.

"Ketika Obama kecil tahun 1967-1971, itu sekolahnya kan di Menteng, Jakarta dan kalau libur panjang selalu menghabiskan liburannya di Bulaksumur Blok D7 karena ibu dari Dr Soetoro atau neneknya Obama tinggal di rumah Blok D7," ucapnya.

Menurut dia, sampai saat ini, bangunan rumah di Bulaksumur masih dipertahankan seperti aslinya. Tak hanya bangunan luar, ruangan bagian dalam rumah pun masih sama seperti saat Obama datang berkunjung untuk mengisi liburannya.

"Masih tetap dipertahankan seperti dahulu, bahkan kamar tidur yang dulu dipakai oleh Obama juga masih ada," ungkapnya.

-----

Sumber : Kompas.com berjudul "Menilik Memori Liburan Masa Kecil Obama di Yogyakarta"

Pilih BanggaBangga56%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang28%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau17%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie