Lupa Sandi?

Liburan Sambil Bertahan Hidup di Pulau Terpencil Indonesia? Siapa Takut!

Agatha Olivia Victoria
Agatha Olivia Victoria
0 Komentar
Liburan Sambil Bertahan Hidup di Pulau Terpencil Indonesia? Siapa Takut!

Pertengahan dan akhir tahun merupakan saat yang ditunggu-tunggu semua masyarakat Indonesia. Mengapa tidak? Liburan panjang selalu hadir di pertengahan maupun ujung tahun.

Liburan tidak selalu harus pergi ke tempat-tempat ramai seperti mall, taman hiburan dan lainnya. Liburan juga dirasa akan menyenangkan bila kita dapat pergi ke tempat yang sepi untuk menenangkan pikiran dari segala rutinitas yang telah kita lakukan sebelumnya.

Tapi bagaimana jika kita berlibur di pulau terpencil yang tidak terdapat kehidupan? Tentunya kita harus belajar untuk bertahan hidup sendirian di pulau tersebut. Menyenangkan sekaligus menantang bukan?

Pulau-pulau ini bisa jadi pilihan menarik untuk  dijadikan destinasi liburan sambil bertahan hidup.

  1. Pulau Siroktabe

    Siroktabe dan Hutannya  (©Docastaway)

Siroktabe merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang berisi hutan dan pantai yang sangat indah. Keindahannya pun diakui dunia sebagai Top 10 Ultimate Honeymoon Islands yang diberitakan oleh Lonely Planet. Pulau ini berada di Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Seperti yang ditulis dalam Docastaway, tingkat isolasi di pulau ini cukup tinggi dikarenakan pulau ini sangat jauh dari perkotaan, bahkan kita akan jarang melihat nelayan yang berlayar disana dikarenakan pedesaan nelayan yang sangat jauh berjarak 15 km dari pulau tersebut. Nelayan pun tidak diperbolehkan mendarat di Pulau Siroktabe. Di dalam pulau ini hanya terdapat satu pondok kecil. Dengan merogoh kocek 180 Euro per orang/malam atau sekitar 2,7 juta dengan minimum pemesanan 3 malam, kita sudah bisa menikmati pulau ini layaknya pulau pribadi. Untuk dapat makan di Siroktabe, kita harus berburu hewan-hewan laut dari pantai yang ada maupun dari hewan atau  tumbuh-tumbuhan yang ada di hutan. Tetapi sudah dapat dipastikan pulau Siroktabe ini aman dari hewan-hewan buas. Waktu mengunjungi Pulau Siroktabe terbaik yaitu pada bulan November sampai Maret dikarenakan Pulau ini akan sangat nyaman cuacanya.

  1. Pulau Amparo

    Pulau Amaro dilihat dari atas (©Docastaway)

Pulau yang terletak dibagian barat Sumatra ini sangat ideal untuk wanita berjiwa petualang. Salah satu wanita yang pernah berlibur disini yaitu Reikko Hori, wanita Jepang yang sempat menghebohkan dunia maya dengan mencoba berlibur di pulau terpencil ini sendirian selama 19 hari. Pulau Amparo benar-benar kosong layaknya pulau terpencil lainnya. Untuk tinggal pun juga tidak ada pondok atau yang lainnya melainkan kita harus membangun sendiri pondok untuk bisa kita tempati menggunakan bahan-bahan yang kita temukan di pulau ini. Ratusan pohon kelapa akan kita jumpai di pulau ini. Untuk bertahan hidup di Amparo kita bisa memanfaatkan kelapa yang melimpah untuk diminum maupun dimakan. Di pantai nya pun juga banyak terdapat kepiting dan ikan-ikan kecil yang dapat dibakar. Untuk bisa menikmati liburan di pulau terpencil ini, kita cukup membayar 140 Euro per orang/malam atau sekita 2,2 juta selama minimal 5 hari.

  1. Pulau Gambolo

    Kapal untuk menyebrang ke Pulau di sekeliling Pulau Gambolo (©Docastaway)

Lain halnya dengan Pulau Siroktabe dan Amparo, di Pulau yang termasuk salah satu pulau dengan pantai terindah di Asia ini makanan akan disediakan oleh Travel Guide. Dari pulau ini kita juga dapat pergi ke pulau lain untuk pergi memancing ataupun mendaki gunung yang berada di pulau sekitarnya. Pulau Gambolo termasuk pulau yang cukup mudah untuk dijangkau dengan 145 Euro saja per orang/malam atau 2,2 juta dan bisa dinikmati semalam saja. Untuk menikmati pulau ini disarankan untuk tidak datang pada bulan Juni sampai September dikarenakan pulau ini akan sangat padat oleh wisatawan lainnya. Pulau ini terletak di Nusa Tenggara Barat.

  1. Pulau Tando

    Pemandangan Pantai alami terindah di Indonesia (©Docastaway)

Berlibur di tengah pulau di sekitar Nusa Tenggara Barat dan menikmati pantai alami terbaik di Indonesia dengan 87 Euro per orang/malam atau 1,3juta merupakan hal yang patut dicoba. Dengan menginap semalam di kapal kita sudah dapat menjangkau pulau ini. Pantai yang berombak menjadikan pantai di Pulau Tando sangat direkomendasikan untuk berselancar. Di pulau ini kita disediakan bungalow yang terdapat listrik walaupun terbatas.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mencoba liburan ke pulau-pulau yang jauh dari kehidupan tersebut?


Sumber: Docastaway

Pilih BanggaBangga45%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang9%
Pilih Tak PeduliTak Peduli9%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi27%
Pilih TerpukauTerpukau9%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AGATHA OLIVIA VICTORIA

Started as a Communication Student in Universitas Sriwijaya, Palembang. As a girl I’m a courageous one and I love challenge. I love travelling. My soul craves for new experiences and adventures. I w ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara