Lupa Sandi?

Skybridge, Transportasi Masa Depan Kota Bandung

Adriani Zulivan
Adriani Zulivan
0 Komentar
Skybridge, Transportasi Masa Depan Kota Bandung

Setelah tertunda lama, akhirnya izin pembangunan kereta gantung (cable car) bernama Skybridge di Kota Bandung, Jawa Barat, akan segera dimulai. Demikian disampaikan Walikota Bandung Ridwan Kamil kepada Kompas.

Pembangunan yang akan mulai dikerjakan pada Agustus 2017 mendatang ini, bernilai 8 juta euro. Dana sepenuhnya menjadi tanggungjawab swasta melalui investasi, yaitu PT Aditya Dharmaputra Persada Development. Dengan demikian, proyek ini tidak akan menyedot dana APBD.

Sebuah kabin cable cari dapat memuat sepuluh penumpang. Kabin yang disiapkan sebanyak 60, yang mampu menampung 2.400 penumpang tiap jam. Sebagian konstruksi akan berintegrasi dengan Teras Cihampelas. Akan dibuat pula gedung parkir terpadu di Gelap Nyawang, yang akan menampung 1000 sepeda motor dan 500 mobil. Pembangunan akan berlangsung sekitar sembilan bulan. 

Contoh kabin Skybridge yang dipamerkan di Balaikota Bandung. © merdeka.com
Contoh kabin Skybridge yang dipamerkan di Balaikota Bandung. © merdeka.com

Rencana pembangunan cable car telah berlangsung sejak dua tahun lalu. Pemerintah Kota Bandung pun telah memamerkan model cable car tersebut, dengan memajang sebuah kabin di Balai Kota. Hal ini untuk mengenalkan moda transportasi tersebut pada masyarakat Kota Bandung.

Pembangunan berlangsung sembilan bulan, dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, rute yang digarap adalah Dago-Cihampelas. Rute ini berjarak sekitar 800 meter, dimulai dari Stasiun Dago menuju Cihampelas, dengan melewati lembah Babakan Siliwangi.

Tahap jangka panjang akan dibangun sepanjang 40 kilometer. Awalnya ini akan ditujukan bagi wisata. Jika sukses, cable car tersebut akan disambungkan dengan stasiun kereta api, lalu ke Cicendo, Cihampelas, Sukajadi, PVJ sampai Ledeng.

"Untuk program pengurangan kemacetan, dalam waktu dekat Insya Allah, kita mulai ground breaking Cable Car sebagai transportasi publik antar bukit-bukit di Bandung, selain transportasi LRT metro kapsul untuk transportasi wilayah datar," terang Ridwan Kamil melalui akun Facebook miliknya.

Kereta gantung sebagai bagian dari atraksi di TMII. © sepakleapp
Kereta gantung sebagai bagian dari atraksi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). © speakleapp

Cable car pertama yang dimiliki Indonesia berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur. Kereta wisata ini dibangun pada awal 1970-an, bersamaan dengan pembangunan TMII. Kereta berkapasitas empat penumpang ini diperuntukkan sebagai atraksi wisata.

Pilih BanggaBangga51%
Pilih SedihSedih2%
Pilih SenangSenang28%
Pilih Tak PeduliTak Peduli4%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi4%
Pilih TerpukauTerpukau11%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ADRIANI ZULIVAN

A big fan of Indonesian heritage--from culture to nature, tangible to intangible. Reading and writing as hobby, as well as dedicated work. Interested in urban discussion, disability rights, disaster m ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie