Maraknya makanan Indonesia yang masuk ke daftar pilihan dunia membuat Indonesia semakin bangga. Sekarang, dua minuman asli Indonesia masuk ke dalam daftar 50 minuman terlezat di CNN. Dua minuman tersebut sangat sering kita temui di wilayah Indonesia.

Yaitu Cendol dan Es Kelapa Muda. Dipublish pada 12 Juli 2017, segarnya minuman ini berhasil menarik perhatian CNN untuk memasukan kedua minuman tersebut ke dalam daftar list mereka.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

CNN pun menempatkan Cendol pada urutan ke 45 setelah minuman Sujeonggwa dari Korea. Cendol merupakan minuman khas Sunda yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe, namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet.

Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa dan Indonesia. Hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol. Pada ulasannya tentang Cendol, CNN menyebut campuran santan dan gula aren manis yang didinginkan dengan es yang diserut pada Cendol menjadi kombinasi yang sempurna.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Sedangkan Es Kelapa Muda berada pada urutan ke 19 versi CNN. Minuman yang dibuat dari air gula dan daging kelapa muda tersebut rasanya memang banyak menarik perhatian wisatawan dalam negeri bahkan wisatawan mancanegara. Maka tidak heran jika kedua minuman tersebut menjadi pilihan CNN dalam daftarnya. Pasalnya, Presiden Barrack Obama pun tak sabar ingin mencicipi kedua minuman tersebut saat akan berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Kuliner Indonesia memang tidak boleh disepelekan. Makanan dan minuman dari Sabang sampai Merauke kini sudah semakin menarik perhatian lebih dari berbagai negara. Kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga akan hal tersebut.


Sumber: CNN

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu