Nama-nama Pulau di Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Utrecht, Belanda

Nama-nama Pulau di Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Utrecht, Belanda
info gambar utama

Indonesia memang memiliki sejarah kelam dengan Belanda. Dengan menjajah tanah air selama ratusan tahun, ternyata negeri kincir angin ini juga mendapatkan beberapa peninggalan akulturasi budaya dari Bangsa Indonesia.

Di Kota Utrecht misalnya. Sebagai Ibukota Provinsi Utrecht, dan kota terbesar keempat di Belanda, sebuah kawasan di kota ini memiliki jalan yang semuanya dinamai dengan nama-nama pulau yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kawasan ini bernama Lombok, lengkap dengan nama-nama jalan seperti Sumatera, Borneo, Java, Bali, Riau, Lombok, Semarang, Tidore, Flores, Surabaya, Ternate, Palembang, Bandung, dan Medan.

Selain memiliki jalan yang dinamakan dari nama-nama pulau di Indonesia, kota yang hanya berjarak 45 menit dari ibu kota Belanda, Amsterdam, merupakan rumah bagi sekitar 45 ribu warga muslim atau sekitar 14 persen dari total penduduk Kota.

Sehingga, tidak salah jika akan dengan mudah ditemukan Masjid Ulu di Kawasan Lombok, Kota Utrecht ini. Kawasan yang memiliki nama-nama jalan dari sebuah negara dengan populasi penduduk muslim terbesar yang ada di seluruh dunia, yaitu Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini