Lupa Sandi?

Robot Karya TechnoNatura Akhirnya Bawa Pulang Medali Perak dari Washington

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Robot Karya TechnoNatura Akhirnya Bawa Pulang Medali Perak dari Washington

Tim Indonesia Robotic Team asal Madrasah TechnoNatura Cimanggis Depok mengharumkan nama Indonesia. Tim tersebut merupakan satu-satunya tim yang mewakili Indonesia di ajang kompetisi robotika First Global Challenge di Washington DC 16-18 Juli yang lalu. Perjuangan para siswa SMA tersebut tidak sia-sia mereka akhirnya pulang dengan membawa medali perak untuk penghargaan dibidang Innovation in Engineering. 

Seperti dikabarkan dalam rilis resmi First Global, Tim Indonesia Robotic Team meraih peringkat dua setelah berhasil menciptakan robot Wowwi. Robot tersebut mampu mencari akses air bersih berdasarkan teknologi Internet of Things sesuai misi yang telah ditentukan oleh panitia kompetisi. Berkat robot ini, Indonesia mampu mengungguli Spanyol di peringkat ketiga Namun perwakilan Indonesia tersebut kalah dari perwakilan dari Latvia.

"We're not learning by theory, we're learning by actions!" technonatura
"We're not learning by theory, we're learning by actions!" technonatura (foto: @KBRIWashDC)
Pertemuan dengan Indonesian National Robotic Team di kantor Kedutaan Indonesia di DC
Pertemuan dengan Indonesian National Robotic Team di kantor Kedutaan Indonesia di DC (foto: @KBRIWashDC)

Dalam kompetisi yang diadakan oleh First Global tersebut, sebanyak 160 perwakilan siswa dari seluruh dunia datang untuk berkompetisi. Mereka berkumpul sesuai kelompok penghargaannya masing-masing. Dalam kompetisi ini terdapat 10 kelompok. Beberapa kelompoknya diberi nama berdasarkan tokoh-tokoh dibidang sains alam maupun sosial seperti Albert Einstein, Sofia Kovalevskaya, Francisco Jose de Caldas ataupun dr. Mae Jemison. Menariknya, dalam kompetisi ini perwakilan Indonesia masuk dalam penghargaan Ustad Ahmad Lahouri. Sosok arsitek terkenal yang telah merancang ikon keajaiban dunia dari India, Taj Mahal.

Madrasah Aliyah TechnoNatura terpilih sebagai wakil dari Indonesia berkat latar belakang sekolah yang memang telah terkenal dibidang sains. Beberapa lomba robotik sebelumnya ditingkat nasional maupun internasional pernah diikuti dan dimenangkan oleh siswa-siswi TechnoNatura. Beberapa diantaranya adalah seperti INAICTA, IMAGINE dan iCAD. Pun pada kesempatan ini perwakilan TechnoNatura juga didukung oleh perusahaan plat merah multinasional seperti Telkom Indonesia.

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih8%
Pilih SenangSenang17%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara