Robot Karya TechnoNatura Akhirnya Bawa Pulang Medali Perak dari Washington

Robot Karya TechnoNatura Akhirnya Bawa Pulang Medali Perak dari Washington
info gambar utama

Tim Indonesia Robotic Team asal Madrasah TechnoNatura Cimanggis Depok mengharumkan nama Indonesia. Tim tersebut merupakan satu-satunya tim yang mewakili Indonesia di ajang kompetisi robotika First Global Challenge di Washington DC 16-18 Juli yang lalu. Perjuangan para siswa SMA tersebut tidak sia-sia mereka akhirnya pulang dengan membawa medali perak untuk penghargaan dibidang Innovation in Engineering.

Seperti dikabarkan dalam rilis resmi First Global, Tim Indonesia Robotic Team meraih peringkat dua setelah berhasil menciptakan robot Wowwi. Robot tersebut mampu mencari akses air bersih berdasarkan teknologi Internet of Things sesuai misi yang telah ditentukan oleh panitia kompetisi. Berkat robot ini, Indonesia mampu mengungguli Spanyol di peringkat ketiga Namun perwakilan Indonesia tersebut kalah dari perwakilan dari Latvia.

"We're not learning by theory, we're learning by actions!" technonatura (foto: @KBRIWashDC)
Pertemuan dengan Indonesian National Robotic Team di kantor Kedutaan Indonesia di DC
info gambar

Dalam kompetisi yang diadakan oleh First Global tersebut, sebanyak 160 perwakilan siswa dari seluruh dunia datang untuk berkompetisi. Mereka berkumpul sesuai kelompok penghargaannya masing-masing. Dalam kompetisi ini terdapat 10 kelompok. Beberapa kelompoknya diberi nama berdasarkan tokoh-tokoh dibidang sains alam maupun sosial seperti Albert Einstein, Sofia Kovalevskaya, Francisco Jose de Caldas ataupun dr. Mae Jemison. Menariknya, dalam kompetisi ini perwakilan Indonesia masuk dalam penghargaan Ustad Ahmad Lahouri. Sosok arsitek terkenal yang telah merancang ikon keajaiban dunia dari India, Taj Mahal.

Madrasah Aliyah TechnoNatura terpilih sebagai wakil dari Indonesia berkat latar belakang sekolah yang memang telah terkenal dibidang sains. Beberapa lomba robotik sebelumnya ditingkat nasional maupun internasional pernah diikuti dan dimenangkan oleh siswa-siswi TechnoNatura. Beberapa diantaranya adalah seperti INAICTA, IMAGINE dan iCAD. Pun pada kesempatan ini perwakilan TechnoNatura juga didukung oleh perusahaan plat merah multinasional seperti Telkom Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini