Paduan Suara Voca Erudita Raih Piala di Spanyol

Paduan Suara Voca Erudita Raih Piala di Spanyol
info gambar utama

Surakarta – Mengikuti kompetisi Paduan Suara Internasional pada ajang 63rd International Choral Contest Habaneras and Polyphony di Torrevieja, Spanyol, Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret Surakarta berhasil menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di Kancah Internasional pada 17-23 Juli 2017.

Kompetisi Paduan Suara yang diikuti oleh Voca Erudita berlangsung di Torrevieja, Spanyol wajib mengikuti 2 kategori lagu yakni kategori Habaneras dan Polyphony. Dimana Habaneras merupakan sebuah gaya music yang berasal dan berkembang dari Kuba dan digunakan untuk tarian dansa yang berkembang di Spanyol. Sedangkan Polyphony sendiri merupakan komposisi musik dengan banyak suara.

Sejumlah 34 penyanyi, 1 konduktor maju dalam kompetisi dengan membawakan lagu-lagu pada kategori Habaneras dengan judul Son Tus Ojos dalam bahasa Spanyol sebagai lagu wajib, Tu dan Rosita De Un Verde Palmar. Sementara pada kategori polyphony Voca Erudita menyanyikan lagu O Nata Lux dan Tari Indang. Penampilan memukau mereka diperkuat dengan adanya koreografi arahan koreografer Paulus Krisna Wisnumurti.

63rd International Choral Contest Habaneras and Polyphony di Torrevieja, Spanyol ini merupakan kompetisi tertua kedua di dunia dan diikuti oleh para kelompok paduan suara terpilih melalui audisi. Dalam kompetisi ini Voca Erudita terpilih menjadi salah satu dari dua perwakilan dari Indonesia yang berkesempatan menunjukkan kemampuannya di mata dunia melawan 12 peserta dari 9 negara lainnya yakni Argentina, Letonia, Ukrania, Serbia, Polonia, Rusia 2 dari Spanyol, 2 dari Filliphina dan Indonesia.

Usaha dari Voca Erudita tak sia-sia dengan perjuangan proses kompetisi selama kurang lebih 5 bulan membuahkan hasil berupa 3 prestasi dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di Kancah Internasional. Voca Erudita berhasil memperoleh Juara III pada 2 kategori masing-masing Habaneras dan Polyphony , serta penghargaan Fransisco Vallejos award for best Interpretation of Song Tu.

“Penghargaan setiap kategori tersebut yakni 3rd Place for Polyphony Categories, 3rd Place for Habaneras Categories, Fransisco Vallejos award for best Interpretation of Song Tu.” ungkap Wahyu Yuliyanto, Ketua Umum PSM Voca Erudita.

Untuk penghargaan FransiscoVallejos award for best Interpretation of Song Tu, Wahyu menjelaskan bahwa penghargaan tersebut diraih Voca Erudita sebagai kelompok Paduan Suara yang memiliki interpretasi terbaik dari lagu kategori Habaneras. Salah satu lagu yang dibawakan oleh Voca Erudita yang dinilai juri dibawakan dengan sangat baik yakni berjudul “Tu”.

Tak hanya mengikuti kompetisi saja, PSM Voca Erudita berpartisipasi dalam konser misi budaya di Villaricos, Almeria, Spanyol dengan membawakan lagu-lagu dari berbagai daerah di Indonesia seperti Sik Sik Sibatumanikam, Kicir-Kicir, Montor-montor Cilik, Tari Indang, Hela Rotan, Janger, Ahtoi Poros, Luk Luk Lumbu dan Yamko Rambe Yamko. Misi budaya yang mereka lakukan semata-mata untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia di Kancah Internasional.

Selain itu, Voca Erudita juga bersilaturrahmi dengan KBRI Madrid dan berkesempatan bernyanyi di depan Wakil Duta Besar Indonesia di Spanyol. Dengan berkunjungnya Voca Erudita ke KBRI Madrid diharapkan dapat menjalin hubungan silaturrahmi sekaligus berpamitan pulang ke Indonesia pada 26 Juli 2017.

Keberangkatan mereka terhitung sejak tanggal 14 – 27 Juli 2017 hingga kembali ke kota Solo pukul 08.00 pagi ini sangatlah lancar tanpa ada halangan apapun, selamat hingga tujuan.

Dengan prestasi Voca Erudita yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Voca Erudita berharap dapat dikenal oleh masyarakat lebih luas dan menginspirasi para pemuda Indonesia agar terus menjadi contoh untuk mengukir prestasi dimanapun ia berada.

Bekerja sama dengan berbagai perusahaan seperti Adhi Karya, IKA UNS, Rosalia Indah, Dinas Pariwisata kota Surakarta, Garuda Indonesia, Solo Paragon, BNI, dan Sritex. Serta support dana dan mental dari berbagai pihak pun tak juga menutup segala kekurangan yang ada sebelumnya. Galang dana yang dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu merupakan salah satu dari kerja keras yang mereka lakukan selama ini. Oleh karena itu, tak lupa Voca Erudita mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung mereka, terlebih masyarakat kota Solo. “Penghargaan yang kami terima, kami persembahkan untuk kalian semua yang telah mendukung kami. Kami tanpa kalian apalah daya kami, Terimakasih. Kepada semua pihak yang telah mensupport kami, sekali lagi kami ucapkan banyak terimakasih”,ucap Wahyu Yuliyanto.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini