Wow Tingkat Kepercayaan Masyarakat Indonesia Pada Pemerintah Tertinggi di Dunia

Wow Tingkat Kepercayaan Masyarakat Indonesia Pada Pemerintah Tertinggi di Dunia
info gambar utama

Kepercayaan pada program yang dijalankan oleh pemerintah merupakan salah satu kunci untuk tetap menjaga kepercayaan pasar. Sebab tanpa adanya kepercayaan pasar, ekonomi akan mengalami stagnansi dan cenderung memperlambat pertumbuhan. Di Indonesia, berdasarkan laporan terbaru dari Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) mengungkap bahwa ternyata masyarakat Indonesia menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap pemerintahan.

Berdasarkan laporan Government at a Glance yang dilansir 13 Juli yang lalu oleh OECD, menjelaskan bahwa 80% orang Indonesia mengaku percaya diri dengan pemerintah Republik Indonesia. Angka ini merupakan angka yang tertinggi bila dibandingkan dengan negara-negara lain yang juga mendapatkan survei serupa. Peringkat kedua setelah Indonesia ditempati oleh Swiss kemudian diikuti India, Luksemburg, Norwegia, dan Kanada. Jerman sendiri mendapatkan nilai 55%, tertinggi di eropa. Sedangkan Inggris 31% dan Amerika Serikat 30%.

IDN, Indonesia dengan nilai tertinggi, disusul CHE, Swiss diposisi kedua (Gambar: OECD.org)
info gambar

Tingginya tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pemerintah ini tentu menimbulkan banyak pertanyaan. Benarkah masyarakat Indonesia benar-benar menaruh kepercayaan pada pemerintahnya. Mengingat belakangan ini di Indonesia kerap terjadi pengungkapan kasus korupsi dan masalah sosial politik lainnya.

Laporan OECD menyebutkan bahwa dalam laporan ini pihaknya menggunakan instrumen Gallup World Poll yang sudah jamak digunakan. Bahkan seperti dilansir coconuts.co hasil Gallup poll ini juga mendekati Edelman Trust Barometer 2017 yang melakukan survey pada 28 negara. Hasilnya memang berbeda namun kepercayaan masyarakat Indonesia pada pemerintah tetap berada diperingkat atas. Berdasarkan barometer tersebut, Indonesia berada di posisi pertama dengan kepercayaan sebesar 76 persen. Posisi kedua ditempati India dengan 74 persen dan ketiga ditempati Tiongkok dengan tingkat kepercayaan 67 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani seperti dikutip dari Bisnis.com sempat merespon laporan ini dengan nada optimis. Dirinya menjelaskan bahwa tingkat kepercayaan ini akan mampu mendorong pembangunan ekonomi.

"Kepercayaan terhadap pemerintah berhubungan kuat dengan dukungan masyarakat terhadap kepemimpinan negara mereka. Saat pemerintah dipandang memiliki integritas moral yang tinggi lebih banyak masyarakat percaya pemerintah," ucapnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini